FRAMING DAKWAH MEDSOS PERIHAL BID’AH ABDUL SOMAD DAN SYAFIQ REZA BASALAMAH (Analisis Robert N. Entment)

Indonesia

  • Siti Nur Alfia Abdullah Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Analisis Framing, Media Sosial, Materi Bid'ah, Abdul Somad, Syafiq Reza Basalamah

Abstract

Dakwah dan komunikasi memiliki kaitan yang erat dan tidak dapat dipisahkan, diantaranya pendakwah atau da’i dan juga media sosial. Di media sosial sedang viral tentang da’i kondang, Abdul Somad dan Syafiq Reza Basalamah. Dua ustadz kondang ini berhasil menarik perhatian masyarakat dengan materi-materi dakwah yang disajikan dalam media komunikasi, baik televisi maupun media sosial. Satu yang menarik untuk dikaji dari keduanya yaitu materi bid’ah dalam pesan dakwah menggunakan analisis framing. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: (1) Model pesan dakwah materi bid’ah oleh Abdul somad menggunakan metode ceramah diisi dengan tanya jawab, dalam bentuk pendidikan dan pengajaran dengan tidak merasa diri benar sutuhnya. Sedangkan model pesan dakwah materi bid’ah oleh Syafiq Reza Basalamah menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, ditunjukan dengan penuh ketenangan dan ketegasan (2) Abdul Somad pada Islam itu indah official youtube, dan Syafiq Reza Basalamah pada sang pendoa official youtube. Kedua media sosial youtube tersebut memiliki tendensi yang berbeda dalam mengkonstruksi fakta teks pemberitaan dakwah tentang bid’ah, Islam itu indah official youtube cenderung menekankan pada isi teks, dan metode penyampaian dakwah Islam Nusantara yang dibawakan Abdul Somad, Sedangkan sang pendoa official youtube cenderung menekankan dakwah pada kisah-kisah Nabi pada zamannya,dan metode penyampaian dakwah wahabi Syafiq Reza Basalamah.

References

Al-Mathar, H. A. (2016). Ensiklopedia Bid’ah. Jakarta: Darul Haq.
Al’arfaj, A. I. B. H. (2013). Konsep Bid’ah dan Toleransi Fikih. Jakarta: Al-I’tishom.
Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Anrial. (2016). Analisis wacana pesan dakwah Islam di Pro 1 Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Padang. Diakses dari http://www.journal.staincurup.ac.id, pada 12 Januari 2018.
Arifin, A. (2011). Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ash-Shiddieqy, H. T. M. (1978). Kriteria Antara Sunnah dan Bid’ah. Jakarta: Bulan Bintang.
Ash-Shiddieqy, H. T. M. (2001). Al-Islam 1. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.
Acep, A. (2012). Dakwah Antarbudaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Eriyanto. (2015). Analisis Framing. Yogyakarta: PT LkiS.
Hamad, I. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa (studi pesan politik dalam media cetak pada masa pemilu 1999) (Disertasi doktoral).
Honeycutt, L. (2011, Maret). Communication and design course. Diakses dari http://dcr.rpi.edu/commdesign/class1.html.
Iswati, I. (2018). Dakwah dan Metode. Diakses dari eprints.walisongo.ac.id pada 22 Januari 2025, pukul 21.00 WIT.
Nasir, M. (2012). Studi Kepustakaan. Diakses dari http://www.phairha.blogspot.com pada 16 Januari 2025, pukul 09.00 WIT.
Nasution, N. A., & Samhati, S. (2020). Komunikasi antar pribadi murobbi dalam proses taaruf pada lembaga Darul Fattah Bandar Lampung. KOMUNIKA, 3(2), 102. https://doi.org/10.24042/komunika.v3i2.7274.
Rojiati, U., & Salas, H. J. (2020). Stereotip Islam Teroris dalam novel “Tell Your Father That I Am A Moslem” karya Hengki Kumayandi (Analisis Semiotika Roland Barthes). KOMUNIKA, 3(1), 17-28. https://doi.org/10.24042/komunika.v3i1.6582.
Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sobur, A. (2012). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sobur, A. (2013). Filsafat Komunikasi, Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Somad, A. (2014). Masalah Populer. Pekanbaru: Tafaqquh Media.
Soyomukti, N. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Supani, S. (2008). Problematika Bid’ah: Kajian terhadap dalil dan argumen pendukung serta penolak adanya Bid’ah Hasanah. Jurnal Penelitian Agama. Diakses dari http://www.media.neliti.com pada 15 Januari 2025, pukul 22.00 WIT.
Suprobo, T. (2018). Analisis framing media online dalam pemberitaan profil dan kebijakan Menteri Susi Pudjiastuti (studi pada situs Berita.com, Kompas.com dan Antarnews.com). Diakses dari http://www.ejournal.uksw.edu.com pada 15 Januari 2025, pukul 22.30 WIT.
Syukir, A. (1983). Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.
Wikipedia. (2018). Diakses dari https://id.m.wikipedia.org pada 20 Februari 2025, pukul 09.30 WIT.
Biografi Tokoh. (2018). Diakses dari https://biografi-tokoh-ternama.blogspot.com pada 20 Februari 2025, pukul 10.00 WIT.
Published
2025-06-30