Implementasi “Pesan Dakwah” Lukisan Digital Di Paltform Instagram @Banggaber : analisis semiotika Charles Sander Pierce

  • Abdullah Universitas Nurul Jadid
Keywords: Kata kunci: pesan dakwah, lukisan digital, instagram, semiotika

Abstract

Abstrak

Lukisan digital muncul sebagai salah satu media efektif dalam menyampaikan pesan dakwah dengan cara yang menarik dan mudah dipahami, khususnya bagi kalangan remaja dan dewasa. Lukisan digital bertema religi merupakan karya visual yang bisa langsung dilihat oleh para audien/masyarakat yang mengajarkan ajaran-ajaran islam, meningkatkan ke imanan dan menjauhi larangan-larangan yang di ajarkan dalam islam. Dakwah digital ini menjadi tren masyarakat terutama generasi muda cenderung mencari pengetahuan keagamaan melalui sosial media, Dalam konteks komunikasi digital, media sosial menjadi media yang paling diminati oleh kalangan pemuda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika charles sanders peirce untuk mengidentifikasi simbol, icon, indeks dan tema-tema utama dalam lukisan digital yang diunggah memalui instagram dan serta dampak bagi pengguna media. Hasil analisa menunjukkan bahwa lukisan digital tidak hanya menyampaikan pesan moral dan kerohanian, tetapi juga mengajak interaksi antar penggunanya sehingga tercipta ruang diskusi yang konstruktif. Melalui strategi penyampaian yang kreatif, akun instagram @banggaber berhasil mengoptimalkan potensi media sosial sebagai sarana dakwah yang harmoni dan tanggap terhadap perkembangan zaman. Dari temuan ini, memberikan wawasan baru tentang efektivitas penggunaan visual dalam menyampaikan pesan dakwah di era super mewah.

 

References

Abiyyah Naufal Maula, Pendididkan Modernasi Beragama (Pusat pengembang pendidkan dan penelitian indonesia, 2021)
An-Nawawi, Imam Muhyiddin, Imam ibnu Daqiq Al-’id Dkk, Syarah Hadist Arba’in (Pustaka Arafah)
Aryani, Saleha, and Mia Rahmawati Yuwita, ‘Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Simbol Rambu Lalu Lintas Dead End’, Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3.1 (2023), pp. 65–72, doi:10.34010/mhd.v3i1.7886Bambang Sugiharto, Untuk Apa Seni ? (MATAHARI, 2013)
Drs alex sobur m.si., Semiotika Komunikasi (PT Remaja Rosdakarya offset, 2023)
F. Farhan, Zakiyah Romadlony, ‘Eksistensi Minoritas Pendakwah Perempuan Peranakan Tionghoa Indonesia’, Journalofislamicstudies, 04 (2024), pp. 1–12
Farhan, Farhan, Novian Ramadhan Dwiharta, and Faidatul Jannah, ‘Pola Komunikasi Pustakawan Kepada Pemustaka “Rohiqol Ilmi”’, MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2.4 (2023), pp. 273–86, doi:10.54259/mukasi.v2i4.2145
Firdaus Azwan Ersyad, Dinda Shophiea Arifin, SEMIOTIKA Teori Dan Aplikasi Pada Desain Logo (CV Bintang Semesta Media, 2021)
Gunhadi, ‘Ekspresi Perasaan Dalam Karya Seni Lukis Abstrak’, 2022, pp. 1–23
Gusmail, Sabri, ‘Properti Tari Waktu Dalam Lipatan: Analisis Semiotika Melalui Pendekatan Charles Sanders Peirce’, Puitika, 14.1 (2018), p. 14, doi:10.25077/puitika.14.1.14--24.2018
Imam An-Nawawi, Nuzhatul Muttaqi’in Fii Syarhi Riyaadhush Shaalihin (Darul Musthafa, 2012)
Januarti, Putri, and Kaloka Pambayun Fadhlurrohman, ‘Jurnal Cendekia Sambas-11’, 15.02 (2023), pp. 400–15
Jubillee Enterprise, Instagram Untuk Fotografi Digital Dan Bisnis (PT. alex Media Komputindo, 2012)
Lubis, Arifah Armi, ‘Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Sampul Annual Report Bank BCA’, IKRA-ITH Humaniora, 5.1 (2021), p. 186
Multatulis, Membangunkan Mimpi Yang Tertidur (guepedia, 2022)
Ni Made Sri Wahyuni Trisna, Dewa Gede Purwita, Dkk, Jalinan Tanda Dan Makna : Bahasa Visual Dalam Desain Komunikasi Visual (CV. Intelektual Manifes Media, 2024)
Puji Santosa, Ancangan Semiotika & Pengkajian Susastra (ANGKASA, 2021)
Remaja, Keagamaan, and Ellya Rosana, ‘P-ISSN - e-ISSN: 2715-2065 Sosio Religia: Jurnal Sosiologi Agama Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Sr’, 01.02 (2020), pp. 1–18
Romadlany, Zakiyah, ‘Ath-Thariq, Vol. 06, No. 01, Januari-Juni 2022 1’, 06.01 (2022), pp. 1–16
Saidukarnain ishak, Dakwah Sambil Ngenet (PT. alex Media Komputindo, 2015)
Sanyoto, Sadjiman Ebdi, NIRMANA Elemen-Elemen Seni Dan Desain (Jalasutra, 2017)
Tri Aru Wiranto, Karakter Estetika Seni Rupa (Bintang Pustaka Madani, 2020)
Wiwin Warliah, and Novita Dwi Yanti, ‘Da’wah Strategy Based on the Independence of Santri: THE POWER OF WOMEN’, QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah, 3.2 (2023), pp. 33–47, doi:10.54396/qlb.v3i2.571
Published
2025-06-30