PENGARUH PEMBERITAAN TENTANG GUS MIFTAH DAN PENJUAL ES TEH DI MEDIA SOSIAL TERHADAP CITRA GUS MIFTAH SEBAGAI PENDAKWAH

  • Puput Kusumaningtias Puput kusumaningtias, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo,
  • Rizqi Akbarani Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Pemberitaan, Media Sosial, Citra, Pendakwah, Mahasiswa

Abstract

Desember 2024, media sosial diramaikan dengan pemberitaan Gus Miftah yang sedang bertemu dengan penjual es the dimana Gus Miftah memberikan pernyataan kepada penjual es teh. “Es tehmu sek okeh ra? Masih? Yo kono di dol Goblok. Dol en disik engko lek ga payu yauwes takdir” dengan tertawa terbahak-bahak. Potongan video tersebut terjadi pada saat acara tabligh akbar Magelang bersholawat. Kejadian tersebut menjadi viral dan banyak diperbincangkan oleh Masyarakat serta mempengaruhi citra Gus Miftah sebagai pendakwah yang popular pada saat ini. Peneliti tertarik untuk menganalisis tentang sejauh mana pengaruh pemberitaan Gus Miftah tentang penjual es teh terhadap citra Gus Miftah sebagai pendakwah. Adapun penelitian ini menggunakann teori S-O-R untuk diteliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Berdasarkan hasil nilai regresi linier sederhana diperoleh hasil tingkat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka ada pengaruh variabel (X) pemberitaan Gus Miftah terhadap variabel (Y) citra pendakwah. Pada uji koefisiensi determinasi menunjukkan besarnya nilai diperoleh koefisiensi determinasi (R square) yaitu sebesar 0,341. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberitaan tentang Gus Miftah tentang penjual es teh mempengaruhi citra Gus Miftah sebagai pendakwah sebanyak 34%  Sehingga, penelitian ini juga memiliki kontribusi untuk memberikan pemahaman mengenai bagaimana pemberitaan di media dapat membentuk citra tokoh di mata publik.

References

Cindi Antika, Novi Susilawati, dan M. S. (2024). "Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram @Dianwidayanti Terhadap Halal Awareness( Studi Pada Pengikut Instagram
@ Dianwidayanti)"Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK, Vol.9, No. 2 : 9.
Fitriani, Y. (2021). "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital". Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609
Hasanah, U. (2021). "Kontroversi Orasi Kebangsaan Gus Miftah di Gereja Gethel Indonesia (GBI) Penjaringan Jakarta Utara (Analisis Dakwah dan New Media)". An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 13(2), 123–132. https://doi.org/10.34001/an-nida.v13i2.2092
Norhabiba, F. (2020). "Pengaruh terpaan iklan marketplace, akses aplikasi, dan minat membeli pada mahasiswa". Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 1(1), 32–38.
Pramesthi, H. K., & Prasetyo, B. D. (2023). "Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Terhadap Brand Awarenes". Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 80–95. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.16
Prof. Dr. Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R&D.
Rahmawati, J. R., Puspita, D. A., Azis, M. Z., & Fadhil, A. (2025). Dampak Media Sosial terhadap Religiusitas Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.
Savitri, S. A., & Erdiansyah, R. (2019). "Pengaruh Citra, Kredibilitas dan Kemampuan Komunikasi Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make-Up Maybelline (Studi Kasus Tasya Farasya)". Prologia, 3(1), 267. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6250
Sinambela, L. ; S. S. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenadamedia Group.
Soemirat, S. (2012). Dasar-dasar public relations.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Published
2025-06-30