Meningkatkan Sikap Konservasi Menggunakan Bahan Ajar Modul Berbasis Potensi Lokal Pantai Tanjung Setia pada Siswa Kelas VII SMPN 13 Krui

  • melan nurmaelani SMPN 13 Krui
  • Muhfahroyin Muhfahroyin
  • Hening Widowati
Keywords: bahan ajar modul, potensi lokal, sikap konservasi

Abstract

Permasalahan lingkungan yang hanya diajarkan dalam ranah kognitif di lembaga pendidikan menghasilkan pengetahuan yang bersifat hafalan bagi peserta didik. Hal ini menciptakan dampak negatif, tidak hanya bagi peserta didik sendiri tetapi juga bagi lingkungan hidup secara keseluruhan. Kurangnya pemahaman yang berkelanjutan tentang lingkungan hidup dapat mengakibatkan rendahnya tingkat kesadaran lingkungan. Peserta didik kurang termotivasi untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan karena tanpa pemahaman tentang masalah lingkungan dan konsekuensinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bahan ajar modul berbasis potensi lokal pantai Tanjung Setia dapat meningkatkan sikap konservasi pada siswa kelas VII SMPN 13 Krui. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest and posttest non-equivalent control-group design. Hasil penelitian penerapan bahan ajar modul berbasis potensi lokal berpengaruh positif terhadap sikap konservasi siswa. Bahan ajar modul menggali dan memahami potensi lokal di sekitar siswa, lebih terhubung dengan lingkungan dan menyadari pentingnya pelestarian alam. Pendekatan ini efektif dalam membangun kesadaran akan tanggung jawab lingkungan, dalam menciptakan generasi yang peduli terhadap kelestarian sumber daya alam. Oleh karena itu, penerapan bahan ajar modul berbasis potensi lokal pantai Tanjung Setia dapat dianggap sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan sikap konservasi siswa SMPN 13 Krui.

Environmental problems that are only taught in the cognitive domain in educational institutions produce rote knowledge for students. This creates a negative impact, not only for the students themselves but also for the environment as a whole. A lack of sustainable understanding of the environment can result in low levels of environmental awareness. Students are less motivated to take responsible action towards environmental conservation because they do not understand environmental problems and their consequences. The aim of this research is to determine whether the implementation of module teaching materials based on the local potential of Tanjung Setia beach can improve conservation attitudes in class VII students at SMPN 13 Krui. The type of research used was a quasi experiment with a pretest and posttest non-equivalent control-group design. The results of research on the implementation of module teaching materials based on the local potential positively influenced students' conservation attitudes. The module's teaching materials explore and understand the local potential around students, become more connected to the environment and realize the importance of nature conservation. This approach is effective in building awareness of environmental responsibility, in creating a generation that cares about preserving natural resources. Therefore, the implementation of module teaching materials based on the local potential of Tanjung Setia beach can be considered an effective strategy in improving the conservation attitudes of SMPN 13 Krui students.

Published
2025-08-15