PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTU QR CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Modul, Discovery Learning, QR Code

  • Lorenza Sefta Zelvia Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Modul, Discovery Learning, QR Code

Abstract

Pengembangan modul ajar ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran. Beberapa permasalahan tersebut adalah masih banyak siswa yang pasif selama proses pembelajaran, hasil belajar pada materi sistem ekskresi manusia masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), penggunaan android pada saat proses pembelajaran di kelas belum maksimal, dan penggunaan internet untuk pembelajaran juga belum dapat mengarahkan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang berlaku. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa modul berbasis discovery learning berbantuan QR code yang layak/baik untuk digunakan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian pengembangan 4D, seperti yang diusulkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Empat tahap dari model 4D adalah: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Desain adalah tahap pertama. Ahli desain dan ahli materi memverifikasi produk yang telah dibuat; 89% hasil validasi ahli desain memiliki kriteria "sangat baik", 98% hasil validasi ahli materi memiliki kriteria "sangat baik", dan 95% hasil uji coba kelompok kecil memiliki kriteria "sangat baik". Hasil validasi ahli dan uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa modul layak digunakan oleh siswa tanpa modifikasi.

Published
2025-09-01