PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTU QR CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA
Modul, Discovery Learning, QR Code
Abstract
Pengembangan modul ajar ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran. Beberapa permasalahan tersebut adalah masih banyak siswa yang pasif selama proses pembelajaran, hasil belajar pada materi sistem ekskresi manusia masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), penggunaan android pada saat proses pembelajaran di kelas belum maksimal, dan penggunaan internet untuk pembelajaran juga belum dapat mengarahkan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang berlaku. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa modul berbasis discovery learning berbantuan QR code yang layak/baik untuk digunakan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian pengembangan 4D, seperti yang diusulkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Empat tahap dari model 4D adalah: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Desain adalah tahap pertama. Ahli desain dan ahli materi memverifikasi produk yang telah dibuat; 89% hasil validasi ahli desain memiliki kriteria "sangat baik", 98% hasil validasi ahli materi memiliki kriteria "sangat baik", dan 95% hasil uji coba kelompok kecil memiliki kriteria "sangat baik". Hasil validasi ahli dan uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa modul layak digunakan oleh siswa tanpa modifikasi.
Copyright (c) 2025 BIOLOVA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.