PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SNAKES AND LADDERS GAME TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU

  • Prita Asminitya Sari Universitas Mulawarman
  • Akhmad
  • Evie Palenewen
  • Dora Dayu Rahma Turista
Keywords: media pembelajaran snakes and ladders game, minat belajar, kemampuan pemahaman konsep

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah salah satu mata pelajaran yang terdiri dari materi-materi yang sangat kompleks. Namun, siswa seringkali kesulitan memahami materi dan menjadi kurang berminat untuk belajar. Minat belajar dan kemampuan pemahaman konsep akan berpengaruh apabila proses mengajar dilakukan secara bervariasi dengan bantuan media pembelajaran. Salah satunya dengan media pembelajaran snakes and ladders game. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh media snakes and ladders game terhadap minat belajar dan pemahaman konsep IPA. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Analisis data memakai uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian memperlihatkan terjadi peningkatan minat belajar sebesar 11,14% pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 3%. Pada pemahaman konsep terjadi peningkatan rata-rata sebesar 37,13, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 36,82.

Published
2025-08-15