PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Mira Handayani Universitas Muhammadiyah Metro
  • Triani Ratnawuri Universitas Muhammadiyah Metro
  • Yesi Budiarti Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Cooperative Learning Model Type Inside Outside Circle, Economic Learning Outcomes

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Inside Outside Circle
merupakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa
bertukar informasi pada waktu yang bersamaan sehingga siswa dapat
berpikir kritis dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi
terhadap hasil belajarnya, dengan menerapkan model inside outside
circle di dalam kelas pada saat pembelajaran. Proses tersebut
tentunya akan membuat siswa menghasilkan ilmu yang bermakna.
Adapun permasalahan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti,
“Masih banyak siswa yang belum mengalami ketuntasan belajar
terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA
Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Dari permasalahan
tersebut maka rumusan masalah “adakah pengaruh pembelajaran
kooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar ekonomi
siswa kelas X SMA Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil
belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 3 Metro
tahun pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut: “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe inside outside circle terhadap tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian semu (Quasi
Eksperimental), dengan bentuk desain eksperimental yaitu bentuk
Non-Equivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian
yang dilakukan hipotesis diterima, karena nilai thitung> ttabel dapat
dilihat pada lampiran daftar G pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,18>
1,70. Siswa yang dinyatakan tuntas KKM sebanyak 4 siswa dengan
persentase 12,5%. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle memiliki
pengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA
Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019.

Author Biography

Triani Ratnawuri, Universitas Muhammadiyah Metro

Model Pembelajaran Kooperatif Inside Outside Circle
merupakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa
bertukar informasi pada waktu yang bersamaan sehingga siswa dapat
berpikir kritis dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi
terhadap hasil belajarnya, dengan menerapkan model inside outside
circle di dalam kelas pada saat pembelajaran. Proses tersebut
tentunya akan membuat siswa menghasilkan ilmu yang bermakna.
Adapun permasalahan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti,
“Masih banyak siswa yang belum mengalami ketuntasan belajar
terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA
Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Dari permasalahan
tersebut maka rumusan masalah “adakah pengaruh pembelajaran
kooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar ekonomi
siswa kelas X SMA Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil
belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 3 Metro
tahun pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut: “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe inside outside circle terhadap tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian semu (Quasi
Eksperimental), dengan bentuk desain eksperimental yaitu bentuk
Non-Equivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian
yang dilakukan hipotesis diterima, karena nilai thitung> ttabel dapat
dilihat pada lampiran daftar G pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,18>
1,70. Siswa yang dinyatakan tuntas KKM sebanyak 4 siswa dengan
persentase 12,5%. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle memiliki
pengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA
Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019.

Published
2020-11-07
Section
Articles