PENGEMBANGAN MODUL POP UP BOOK BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI MADRASAH TSANAWIYAH EL-QODAR

  • Okky Wulan Dayani Universitas Muhammadiyah Metro
  • Rina Agustina Universitas Muhammadiyah Metro
  • Ira Vahlia Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: modul, pengembangan, pop up book, RME

Abstract

ABSTRAK 

Pengembangan modul pop up book berbasis RME (Realistic Mathematics Education ) pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung bertujuan menghasilkan produk yang valid dan praktis. Metode penelitian 4-D yang terdiri dari Define, Design, dan Develop. Instrumen dalam penelitian pengembangan menggunakan angket validasi ahli materi dan bahasa dan ahli desain untuk mengetahui kriteria kevalidan, angket respon siswa untuk mengetahui kriteria kepraktisan. Persentase rata-rata kelayakan materi dan bahasa, dan kelayakn desain sebesar 82,24% dengan kategori sangat layak sedangkan kepraktisan sebesar 90,8% dengan sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa produk berupa modul pop up book berbasis RME (Realistic Mathematics Education )

Kata kunci: modul; pengembangan; Pop Up Book; RME  

 

ABSTRACT 

The development of a pop up book module based on RME (Realistic Mathematics Education) on the material of Building a Curved Side of Space aims to produce a valid and practical product. The 4-D research method consisting of Define, Design, and Develop. The instrument in development research used a validation questionnaire for material and language experts and design experts to determine the validity criteria, and a student response questionnaire to determine the criteria for practicality. The average percentage of material and language feasibility, and design feasibility is 82.24% with the very feasible category while the practicality is 90.8% very practical. Based on the results of research and development, it can be concluded that the product is a pop up book module based on RME (Realistic Mathematics Education).

Key words: development, modul, Pop Up Book, RME

References

Andriani, R. (2016). Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1.922 Jasija, Anaba, & Aripin.

Adiputra. (2014). Pengembangan E-Modul Pada Materi “Melakukan Instalasi System Operasi Jaringan Berbasis GUI Dan Text” Untuk Peserta Didik Kelas X Teknik komputer Dan Jaringan SMK Negeri 3 Singaraja. Karamapati Vol. 3, No. 1, 19-25

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika Realistik: Suatu Alternatiif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta:Graha Ilmu

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Departemen Pendidikan Nasional.

Dzuanda. (2011). Perancang Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri “Gatotkaca”. Jurnal Library ITS Undergraduate, (online), (http://library.its.undergraduate.ac.id, diakses pada 15 maret 2019).

Kiki, dkk. (2018). Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol 1, No 5. Hal . ISSN 2614-2155. IKIP Siliwangi .

Khoirotun, A, dkk. (2014). Perancang Buku Pop-Up Book Museum Sangiran Sebagai Media Pembelajaran Tentang Peninggalan Sejarah. Journal Desain Kolunikasi Visual Hlm. 2. Surabaya: STMIK STIKOM Surabaya

Riduwan dan Akdon. (2013). Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta.

Rina, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk SMP Kelas IX. Program Studi Pendidikan Matematika F.MIPA. UNY Vol 6. No 1.

Sutarti, T dan Irawan, E. (2017). Kiat Suksus Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Sleman: CV. Budi Utama.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta; Bumi Aksara.

Undang-Undang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2021-07-23
Section
Articles