PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS REALISTIC MATEMATICS EDUCATION PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan multimedia interaktif berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel bertujuan menghasilkan produk yang layak dan praktis. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan Four D Model atau 4-D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Instrumen dalam penelitian pengembangan menggunakan angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kriteria kelayakan, angket respon peserta didik dan angket wawancara untuk mengetahui kriteria kepraktisan. Analisis data terbagi menjadi 2 yaitu data kuantitatif berupa persentase dan kualitatatif berupa deskripsi. Persentase kelayakan materi sebesar 72% dan 76,8% dengan interpretasi kuat, kelayakan media sebesar 71,2% dan 76% dengan interpretasi kuat sedangkan kepraktisan sebesar 80,16% dengan interpretasi sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa produk berupa multimedia interaktif berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak layak dan sangat praktis. Sehingga penggunaan multimedia interaktif dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dan menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.
Kata kunci: multimedia interaktif; nilai mutlak; pengembangan; RME
Â
ABSTRACT
The development of Realistic Mathematics Education (RME) based interactive multimedia on the Equations and Inequality of Absolute One Variable Value aims to produce instructional products that are feasible and practical. This research and development uses the Four D Model or 4-D which consists of Define, Design, Develop, and Disseminate. The instruments used are material and instructional media validation questionnaires from experts to know the eligibility criteria. Besides, it uses a questionnaire of students' responses and interviews to determine practicality criteria. The data analysis is divided into two: quantitative data in the form of percentages, and qualitative in the form of descriptions. The percentage of material feasibility is 72% and 76,8% with strong interpretation. On the other hand, the feasibility of media is 71,2%, and 76% with strong interpretation. While the practicality is 80,16% with very strong interpretation. Based on the results of research and development, it can be concluded that the product in the form of Realistic Mathematics Education (RME) based interactive multimedia on the Equations and Inequality of Absolute One Variable Value is feasible and very practical. So that the use of interactive multimedia can make students easier to understand learning materials and support the achievement of learning objectives.
Keywords: absolute value; development; interactive multimedia; RME
References
Albar, D. A., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. 2 (2): 221-230.
Antika, R., Ardila, R., & Silvyana, L. (2019). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Dan Kemampuan Percaya Diri. Journal On Education. 01 (04). 605-611.
Dost, S. & Saglam, Y. (2012). Effect of preservice teachers’ learning styles and field of study on computer-assisted instruction. The Journal of Procedia Social and Behavioral Sciences, 46, 3812-3816
Firdaus, I.C. (2017). Pengaruh Penggunan Media Pembelajaran Dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. 2 (1). 51-59.
Hanim, F., Sumarmi & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan. 1 (4). 752-757.
Hardiyati, R. (2014). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Skripsi tidak diterbitkan.. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah
Hirtanto, Mardiyana & Sujadi, I. (2015). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Komputer Pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3 (8). 824-836.
Kadaruddin. (2018). Mahir Desain Slide Presentasi dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Power Point. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Kusuma, R. D. F. D., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 191-199.
Mayani, S. & Rizki, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Materi Program Linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 5(1), 25-39.
Paradita, L., Vahlia, I., & Rahmawati, Y. Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Take And Give Berbasis Matematika Realistik. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 5(1), 438-447.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Radityan, F. T., Kuntadi, I., & Komaro, M. (2014). Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Perbaikan Differential. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 239-245.
Rizki, S. & Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 5(2), 137-144.
Rizki, S. & Wildaniati, Y. (2015). Efektifitas Bahan Ajar dan Media Berbasis Ict Pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 4(2), 1-8.
Sari, A. & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (2). 71-80.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T. & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaarn Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 13.(1). 101-112.
Yani, N. K. A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Authors who publish with EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika agree to the following terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. EMTEKA offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in EMTEKA in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of AKSIOMA are required to cite the original source, including the author's names, EMTEKA as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available)