PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

  • Dini Anggraini Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nyoto Suseno Universitas Muhammadiyah Metro
  • Dedy Hidayatullah A Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Pengembangan panduan praktikum, laboratorium virtual, keterampilan proses sains, pemahaman konsep

Abstract

Upaya meningkatkan pemahaman konsep pada peserta didik dapat ditinjau dari kemampuan akademiknya. Pemahaman konsep merupakan istilah yang digunakan untuk mengartikan sejauh mana siswa mampu mengerti konsep-konsep dasar suatu materi yang diberikan oleh guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa yaitu dengan melakukan model pembelajaran eksperimen atau praktikum. Seiring dengan kemajuan jaman dimana teknologi dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran, maka dari itu pelaksanaan praktikum dapat dilakukan dengan menggunakan laboratorium virtual. Penggunaan laboratorium virtual dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur apabila menggunakan panduan praktikum laboratorium virtual. Pembuatan panduan praktikum tidak boleh lepas dari keterampilan proses sains karena sudah diatur dalam Permendikbut Nomor 22 Tahun 2016.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan panduan praktikum berbasis keterampilan proses sains dengan menggunakan laboratorium virtual, untuk mengetahui dampak laboratorium virtual terhadap pemahaman konsep siswa, dan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan panduan laboratorium virtual. Setelah dilakukan uji lapangan di SMA Negeri 1 Metro dengan sampel kelas XII IPA 4 maka diketahui hasil dari kelayakan penggunaan panduan praktikum laboratorium virtual berbasis keterampilan proses sains yaitu validasi ahli mendapat persentase 84,6%, Respon Guru 91,25% dan Respon siswa 88,4%. Berdasarkan rata-rata persentase ke tiga penilaian sebesar 88,08% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk pemahaman konsep mengalami peningkatan sebesar 21,4 antara nilai pretest dan nilai posttest. Berdasarkan hasil penelitian maka panduan praktikum laboratorium virtual berbasis keterampilan proses sains berpengaruh terhadap proses pembelajaran khususnya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa

Published
2020-03-17