Pengembangan Alat Peraga Tekanan Hidrostatis Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA

  • Huda Sapriki Universitas Muhammadiyah Metro
  • Partono Partono Universitas Muhammadiyah Metro
  • M Barkah Salim Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Alat Peraga Tekanan Hidrostatis

Abstract

Alat  peraga  yang  digunakan  oleh  siswa  SMAN  4  Metro  hanya  mampu menunjukan konsep tekanan hidrostatis melalui jarak pancuran saja. Hal ini mengakibatkan keterbatasan pengetahuan siswa mengenai konsep tekanan hidrostatis. Sehingga peneliti perlu mengembangkan alat peraga yang mampu menunjukan konsep tekanan hidrostatis agar lebih kompleks, yaitu dapat menunjukan  pengaruh  kedalaman  terhadap  besarnya  tekanan,  dapat menunjukan besarnya tekanan hidrostatis dikedalaman sama, dan dapat menunjukan   pengaruh   massa   jenis   terhadap   besarnya   tekanan.   Tujuan penelitian  ini  adalah:  (1)  menghasilkan  alat  peraga  tekanan  hidrostatis  yang dapat bekerja dengan baik, (2) menghasilkan alat peraga tekanan hidrostatis yang  layak  digunakan  sebagai  media  pembelajaran,  dan  (3)  melihat  respon siswa terhadap alat peraga tekanan hidrostatis yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode research and development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian ini adalah: (1) alat peraga tekanan hidrostatis yang dikembangkan dapat bekerja dengan baik. (2) tingkat kelayakan rata-rata komponen media dan materi sebesar 95,8% masuk dalam kriteria alat peraga sangat  layak  digunakan sebagai  media  pembelajaran,  dan  (3)  respon  siswa terhadap alat peraga sebesar 90,96% artinya alat peraga sangat diterima dengan baik oleh siswa

Published
2020-03-17