PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM GERAK HARMONIK SEDERHANA PADA PEGAS BERBASIS VIDEO BASED LABORATORY (VBL)

  • Maratus Sholikhah Universitas Muhammadiyah Metro
  • Partono Partono Universitas Muhammadiyah Metro
  • M Barkah Salim Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Video Based Laboratory (VBL), Gerak Harmonik Sederhana Pada Pegas, ADDIE

Abstract

Modul praktikum gerak harmonik sederhana pada pegas berbasis video based laboratory (VBL) membantu proses belajar mengajar di kelas. Prosedur kerja dalam modul praktikum menggunakan teknologi video untuk membantu pengamatan dan menganalisis konsep fisika gerak harmonik sederhana pada pegas dengan memanfaatkan software tracker. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul praktikum video based laboratory (VBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE.

Hasil penilaian oleh para ahli yaitu ahli media yaitu 97,58 %, ahli materi 95,58 %, dan ahli bahasa 95,58 %. Penilaian oleh para ahli memperoleh persentase 96,19% dan hasil angket yang diberikan kepada siswa pada ujicoba modul memperoleh persentase 81,07%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul praktikum berbasis video based laboratory (VBL) dinyatakan layak digunakan dalam proses kegiatan praktikum, memiliki respon setuju dan berpengaruh positif terhadap kegiatan praktikum siswa.

Berdasarkan beberapa hal diatas, modul praktikum ini memiliki saran bagi pengguna yaitu, setiap komputer yang digunakan sudah menginstal tracker, software tracker bekerja dengan baik dan menyiapkan alat untuk kalibrasi

Published
2020-03-17