MENINGKATKAN AKUNTABILITAS BADAN USAHA MELALUI SISTEM INFORMASI PEMBELIAN BARANG

  • Nofiyani Nofiyani Universitas Budi Luhur
Keywords: Pembelian, Sistem Akuntansi, Sistem Informasi, Rapid Application Development

Abstract

Abstrak : Pembelian merupakan transaksi yang dilakukan untuk pengadaan barang atau jasa. Untuk menunjang kegiatan transaksi tersebut diperlukan pencatatan dari hasil transaksi. Sistem akuntansi yang baik dapat mendukung efektivitas pengendalian manajemen serta meminimalisir penyelewengan yang mungkin terjadi. Sistem akuntansi pembelian dibangun untuk mempermudah proses pembelian barang atau jasa. Dimana tidak terbatas pada laporan pertanggungjawaban, tetapi juga mencakup aspek kemudahan dalam mendapatkan informasi. Sistem informasi yang mendukung dalam melakukan pengolahan data menggunakan teknologi informasi akan meningkatkan kinerja suatu badan usaha. Terdapat tiga tahapan dalam pengembangan sistem dengan menggunakan model  rapid  application development (RAD) diantaranya perencanaan kebutuhan, mendesain sistem dan implementasi sistem. Dan dihasilkan dua  form  sebagai  pencatatan data barang dan transaksi pembelian. Tiga laporan sebagai pengawasan dan pertanggungjawaban akuntabilitas diantaranya laporan transaksi pembelian barang, laporan persediaan barang dan laporan harga per item barang per periode transaksi

Published
2021-12-15