ANALISIS SISTEM DRAINASE UNDERPASS UNILA BANDAR LAMPUNG

  • Ryan Rizki Universitas Muhammadiyah Metro
  • Eri Prawati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Ida Hadijah Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Drainase, Debit, Underpass

Abstract

Underpas merupakan jalur lalu lintas yang berbentuk terowongan yang dibangun di
bawah tanah. Tujuannya adalah untuk mengurangi penumpukan kendaraan dan kemacetan.
Bentuk konstruksinya yang menurun memungkinkan air hujan langsung mengalir ke area
tersebut. Tentu masalah tersebut akan sangat mempengaruhi kerusakan dari Underpas itu
sendiri dan akan mengakibatkan tergenangnya daerah sekitar saluran drainase.
Pembangunan drainase pada proyek ini bertujuan untuk melindungi badan jalan
dari limpasan air hujan dan limpasan dari area sekitar rencana jalan sehingga umur rencana
jalan dapat dicapai. Pada awal perencanaan sistem dainase perlu direncanakan skema
saluran drainase yang dibuat dengan memperhatikan tinggi – rendah elevasi – elevasi
permukaan lahan.
Adapun langkah analisis yang akan dilakukan adalah perhitungan hidrologi yang
terdiri dari analisa cacthment area, intensitas hujan, debit rencana dan kemudian
dicocokan dengan analisa hidrolika yang terdiri dari perhitungan dimensi saluran, dimensi
gorong-gorong dan kapasitas pembuangan saluran drainase.
Berdasarkan hasil analisis saluran pembungan dan box tampungan pada rencana
underpass, metode analisis yang digunakan metode rasional dengan analisa periode ulang
2 tahun Qp = 0,023 m³/dtk, periode ulang 5 tahun Qp = 0,030 m³/dtk, dan periode ulang 10
tahun Qp = 0,034 m³/dtk. Kapasitas saluran drainase underpass dijalan Zainal Abidin
Pagar Alam sebesar drainase persegi =120 x 1,3 x 1,3 = 202,8 m
3
dan drainase pipa beton
3
=145 x 1,0 = 145 m
, elevasi hilir saluran +142,765 dan elevasi hulu +142,765, sedangkan
air luapan sungai saat banjir yang masuk kesaluran drainase tersebut paling maksimum di
elevasi +142,315 sebesar 171,11 m
3
dan dengan demikian tersedia ruang jagaan kelebihan
air disaluran drainase sebesar = 101,4m
3.

Published
2020-06-02