Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Memantapkan Perencanaan Karier Peserta Didik

  • Agus Wibowo Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sigit Efendi Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Strategi Guru Bimbingan dan Konseling, pemantapan perencanaan karir

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengatahui strategi apa saja yang digunakan guru bimbingan dan konseling dalam memantapkan perencanaan karir di SMA Negeri 1 Rumbia Lampung Timur, dan pelaksanaan strategi guru bimbingan dan konseling dalam memantapkan perencanaan karir di SMA Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah Tahun Ajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Subjek data adalah guru bimbingan dan konseling. Data yang diperoleh peneliti melalui metode wawancara ke subjek penelitian. Analisis data menggunakan model miles yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan dapat dilakukan dengan cara triangulasi sumber.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) dalam strategi perencanaan bimbingan dan konseling melakukan persiapan dan perencanaan seperti melakukan persiapan dan perencanaan seperti melakukan membagi kelompok menjadi beberpa kelompok berdasarkan pilihan karirnya dan diberikan pemahaman, memperhatikan aspek-aspek peserta didik, hasil assesmen, penyusunan rencana pelaksanaan layanan, penyusunan program. (2) dalam pelaksanaan strategi guru bimbingan dan konseling melaksanakan layanan informasi dengan metode ceramah dan Tanya jawab.

Published
2021-06-21
How to Cite
Wibowo, A., & Efendi, S. (2021). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Memantapkan Perencanaan Karier Peserta Didik. Counseling Milenial (CM), 2(2), 328-340. Retrieved from http://scholar.ummetro.ac.id/index.php/konselor/article/view/1055
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>