PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SMK MUHAMMADIYAH DI KOTA METRO LAMPUNG

  • paryadi paryadi Universitas Muhamamdiyah metro
  • Riyanto riyanto, Riyanto universitas muhammadiyah metro
  • muhammad Ihsan Dacholfany, ihsan dacholfany universitas muhammadiyah metro
  • Harjoko Harjoko
Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, komunikasi interpersonal

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui 1. Seberapa besar Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung. 2. Seberapa besar Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung. 3. Seberapa besar Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung.
Riset ini menrupakan riset kuantitatif menggunakan teknik korelasional dengan tujuan memahami keterkaitan diantara dua unsur atau lebih. Instrumen yang dipakai dalam riset adalah angket. instrumen yang akan dipakai terlebih dahulu dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas, pemilihan sampel riset menggunakan “Proporsional Random Sampling”. Sampel dalam riset ini adalah Guru/Pendidik SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung sejumlah 66 orang.
Berdasarkan hasil perhitungan Model Summary maka didapat bahwa kepemimpinan kepala sekolah (X1) diketahui R2= 0,704, berarti bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah memiliki kecenderungan sebesar 70,4% terhadap peningkatan kinerja guru. Komunikasi interpersonal (X2) diketahui nilai R2 = 0,704, berarti bahwa variabel budaya sekolah memiliki kecenderungan sebesar 70,4% terhadap peningkatan kinerja guru. Secara bersama-sama didapatkan angka ”R2 = 0,716”, artinya nilai unsur kinerja guru (Y) yang dapat dijabarkan dengan perhitungan model regresi sebesar 71,6% kemudian sisanya sebesar 28,4% nilai unsur kinerja guru (Y) diakibatkan dari unsur diluar model regresi. Terdapat dampak yang baik dan penting kepemimpinan kepala sekolah/madrasah terhadap kinerja guru/pendidik di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung yaitu sebesar 70,4%. Terdapat dampak yang baik dan penting komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru/pendidik di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung yaitu sebesar 70,4%. Terdapat dampak yang baik dan penting kepemimpinan kepala sekolah/madrasah dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru/pendidik di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung yaitu sebesar 71,6%.

Author Biographies

Riyanto riyanto, Riyanto, universitas muhammadiyah metro

Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

muhammad Ihsan Dacholfany, ihsan dacholfany, universitas muhammadiyah metro

Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Published
2021-08-30
Section
Articles