IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DI TK NEGERI PEMBINA YUKUM JAYA KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

  • nety rosidha universitas muhamadiyah metro
  • M ihsan dacholfany
  • agus sutanto universitas muhamadiyah metro
  • Harjoko Harjoko
Keywords: pengembangan diri guru, publikasi ilmiah guru, karya inovativ guru)

Abstract

Fokus penelitian ini yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah, karya inovasi dan kendala implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru di Tk Negeri Pembina Yukum Jaya Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan sumber data yang dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi, informasi diambil sebanyak mungkin kemudian dilakukan analisis data, seleksi reduksi, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, aktu, dan teknik. Temuan penelitian ini diuji dengan menggunakan uji kredibilitas, uji depend ability, uji transfer ability, dan uji confirm ability. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh infirmasi berikut ini: Pertama, pengembangan diri guru di Tk Negeri Pembina Yukum Jaya dilakukan secara bertahap denagn memprioritaskan guru yang sudah bersertifikat. Kedua, publikasi ilmiah guru di Tk Negeri Pembina Yukum Jaya belum dilaksanakan secara optimal diduga karna fasilitas dan sumber referensi minim. Ketiga pengembangan karya inovatif guru juga belum dilakukan secara optimal karna minimnya pengalaman yang sesuai dan rendahnya motivasi guru. Keempat kendala dalam  implementasi PKB guru di Tk Negeri Pembina Yukum Jaya yaitu minimnya dukungan dana dan rendahnya pengalaman serta motivas guru.

 

Author Biographies

M ihsan dacholfany

program study magister administrasi pendidikan dosen pasca sarjana

agus sutanto, universitas muhamadiyah metro

dosen um metro program pasca sarjana

Published
2021-08-30
Section
Articles