IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA SE-KECAMATAN SIMPANG PEMATANG KABUPATEN MESUJI

  • zayyani kontesa universitas muhamadiyah metro
  • marzuki noor universitas muhamadiyah metro
  • sudirman aminin universitas muhamadiyah metro
Keywords: Supervisi Akademik , Metode pembelajaran

Abstract

Pendidikan adalah usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada didalam masyarakat dan kebudayaan. Guru dan kepala sekolah merupakan orang yang terjun secara langsung pada kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab menjamin layanan dalam proses pendidikan yang diterima peserta didik sudah sesuai dengan harapan dari pemerintah. Selain itu, guru dan kepala sekolah harus bekerjasama dalam proses pembelajaran guna mencapai mutu pembelajaran yang baik dan sesuai harapan. Guru melalui arahan kepala sekolah sebagai supervisior menjadi titik fokusnya dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk memakai : metode, media, strategi dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan mutu dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala sekolah di SMA Se-Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji yaitu pada perencanaan program supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik dan tindak lanjut hasil supervsi akademik dalam usaha meningkatkan mutu pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang diperoleh menggunakan cara triangulasi metode. Penelitian dilakukan di SMA Se-Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru dan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah yang mencakup perencanaan/persiapan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik dan tindak lanjut hasil supervisi akademik sudah dilakukan dengan baik, mengelola profesional guru yang mencakup penyusunan perangkat pembelajaran, evaluasi hasil proses belajar dan tindak lanjut hasil pembelajaran juga sudah dilakukan dengan baik, namun didalam pelaksanaan pembelajaran yaitu pada penggunaan metode dan media masih kurang efektif. Tindak lanjut yang dilakukan dengan memberika motivasi, pengadaan rapatĀ  atau seminar, dan pelatihan.

Author Biographies

marzuki noor, universitas muhamadiyah metro

dosen pasca sarjana universitas muhamadiyah metro

sudirman aminin, universitas muhamadiyah metro

dosen pasca sarjana universitas muhamadiyah metro

Published
2021-08-30
Section
Articles