PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMP SE-KECAMATAN BANJAR BARU KABUPATEN TULANG BAWANG

  • Nanang Avandi Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sudirman Aminin Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nyoto Suseno Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Kepemimpinan, Kinerja, Motivasi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan seberapa besar pengaruh
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Se-Kecamatan Banjar Baru
Kabupaten Tulang Bawang, 2) Mendeskripsikan seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap
kinerja gurudi SMP Se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang, 3) Mendeskripsikan
seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru
SMP Se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang, 4) Mendeskripsikan pelaksanaan
penelitian tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap
kinerja guru di SMP Se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini
rancangannya adalah ”penelit ian kuant itatif melalui pendekatan survei dengan uji pengaruh
menggunakan teknik respondend cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa
angket. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama, yang
dibantu dengan metode wawancara dan observasi sebagai metode pendukung. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah (X
) terhadap kinerja guru
(Y) dengan besarnya kontribusi sebesar 0,277 atau 27,7%, terdapat pengaruh motivasi kerja (X
1
)
terhadap kinerja guru (Y) dengan besarnya kontribusi sebesar 0,363 atau 36,3%, dan terdapat
pengaruh secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah (X
) dan motivasi kerja
guru(X
2
) terhadap kinerja guru(Y) dengan besarnya kontribusi sebesar 0,384 atau 38,4%.
1

2

Published
2021-03-26
Section
Articles