PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENS PADA SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 1 WAY BUNGUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Maulana Ismail Universitas Muhammadiyah Metro
  • Iswati Iswati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Kuliyatun Kuliyatun Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Aqidah Akhlak

Abstract

Pembelajaran merupakan perpaduan yang harmonis antara kegiatan pengajaran yang dilakukan guru dan kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, terjadi interaksi antara siswa dengan siswa, interaksi antara guru dan siswa, maupun interaksi antara siswa dengan sumber belajar. Diharapkan dengan adanya interaksi tersebut, siswa dapat membangun pengetahuan secara aktif, pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, serta dapat memotivasi peserta didik sehingga mencapai kompetensi yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournamen dalam mata pelajaran aqidah akhlak.
Jenis penelitiaan ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil analisis statistic deskriptif diperoleh rata-rata motivasi belajar peserta kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlaak pretest yaitu 68% dan rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak posttest yaitu 75%. Sehingga di dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di sekolah MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur.

Published
2021-06-28
Section
Articles