IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA CLEVHOSHOP JOGJA DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS

  • Virgiawan Arsetya Mikola Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Unversitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, CMS, BMC, Yogyakarta

Abstract

Clevhoshop Jogja adalah Toko yang menjual pakaian dan aksesoris. Toko ini terletak di daerah Bantul Yogyakarta. Proses interaksi penjualannya bisa dilakukan secara online melalui Media Sosial dan offline melalui Toko Fisik. Seiring berkembangnya waktu pemilik toko ingin melakukan peningkatan penjualannya tapi terbatas pada media yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan melayani para pelanggannya. Media Sosial yang saat ini dimanfaatkan untuk mempromosikan pakaian. Metode yang digunakan dalam pembuatan e-commerce ini menggunakan metode Beriorientasi Objek dan implementasi sistem e-commerce menggunakan Content Management System (CMS). Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan sistem E-commerce sebagai solusi untuk permasalahan yang ada di Business Model Canvas (BMC) untuk memvisualisasikan proses bisnis pada Toko Clevhoshop Jogja agar dapat menghasilkan kinerja yang lebih maksimal. Penulis berharap dengan adanya sistem E-commerce pada Toko Clevhoshop Jogja dapat membantu mengatasi permasalahan yang terjadi pada Clevhoshop Jogja.

Published
2023-03-12