PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI GAME PENGETAHUAN UMUM DENGAN SCRATCH UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

  • Mariana febri valentina Universitas Muhammadiyah Metro
  • Bayu Prasetya Universitas Muhammadiyah Metro
  • Mustika Mustika Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Game Edukasi, Pembelajaran Kreatif, Pembelajaran Berbasis Game

Abstract

: (1) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan permainan edukasi berbasis Scratch, sebuah bahasa pemrograman visual, untuk meningkatkan literasi pengetahuan umum di kalangan siswa SD. Scratch menawarkan platform interaktif dan ramah pengguna yang mendorong kreativitas serta berpikir logis. Tujuan utama penelitian ini adalah menciptakan lingkungan belajar yang menarik yang memfasilitasi penguasaan keterampilan membaca, menulis, dan pemahaman materi. (2) Permainan ini mengintegrasikan berbagai aktivitas literasi seperti pembentukan kata, konstruksi kalimat, dan latihan pemahaman. Melalui serangkaian uji coba permainan yang melibatkan siswa sekolah dasar dan menengah pertama, permainan edukasi ini digunakan untuk melihat dampaknya terhadap keterampilan literasi siswa. (3) Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan signifikan dalam kosakata dan pemahaman bacaan siswa. (4) Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan edukasi berbasis Scratch dapat menjadi alat yang berharga dalam kurikulum pendidikan, menawarkan pendekatan yang inovatif untuk pendidikan literasi yang menyenangkan dan efektif. Penelitian di masa depan dapat mengeksplorasi penerapan metode ini pada subjek dan konteks pendidikan lainnya.

Published
2024-10-14