IMPLEMENTASI MODEL E-COMMERCE BERBASIS WORDPRESS PADA BENGKEL LAS TRIAN JAYA

  • Febrian Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita

Abstract

Abstrak : Di era digital, teknologi informasi telah mengubah berbagai aspek bisnis, terutama dengan munculnya E-Commerce dapat memudahkan pelanggan membeli barang dan jasa secara online serta meningkatkan kepuasan dan efisiensi bisnis. Bengkel Las Trian Jaya masih mengoperasikan bisnisnya dengan cara konvensional, meski telah menggunakan Whatsapp untuk pemesanan dan komunikasi pelanggan. Tantangan-tantangan seperti pendapatan yang stagnan, jumlah pelanggan yang tidak meningkat, kurangnya daya saing, dan strategi promosi yang kurang efektif telah menghambat pertumbuhannya. Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan sistem informasi berbasis E-Commerce dengan menggunakan Wordpress sebuah Content Management System (CMS) yang mudah digunakan. Penelitian ini menggunakan beberapa metode, yaitu Business Model Canvas (BMC) untuk analisis bisnis, Fishbone diagram untuk identifikasi masalah dalam sistem yang ada, Unified Modeling Language  (UML) untuk merancang sistem informasi, dan Search Engine Optimization (SEO) untuk strategi marketing serta promosi di sosial media. Dengan memanfaatkan E-Commerce, Bengkel Las Trian Jaya diharapkan dapat memperluas jangkauan pelanggan, membantu strategi marketing dan promosi di media sosial, serta dapat bersaing lebih efektif dengan mengadaptasi tren penjualan digital di pasar yang semakin kompetitif. Secara keseluruhan, ini diharapkan mendorong Bengkel Las Trian Jaya menuju pertumbuhan yang berkelanjutan dan peningkatan daya saing dalam ekonomi digital yang terus berkembang.

 

Published
2024-10-13