PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK ANALISIS POLA PENJUALAN TOKO KUE DENGAN RAPIDMINER
Abstract
Penetapan harga yang optimal telah menjadi prioritas utama untuk toko kue dalam rangka mengembangkan strategi bisnis yang toko.untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penjualan di toko kue menggunakan algoritma K-Means Clustering. Data penjualan terdiri dari lima jenis produk utama, yaitu Vanilla Cupcakes, Chocolate Cupcakes, Red Velvet Cupcakes, Matcha Cupcakes, dan Banana Cupcakes, dikumpulkan dan dianalisis menggunakan RapidMiner. Proses klasifikasi dilakukan melalui iterasi untuk mendapatkan centroid yang tepat dan mengalokasikan hari berdasarkan volume penjualan, melalui iterasi untuk mendapatkan centroid yang tepat dan mengalokasikan hari berdasarkan volume penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kategori utama: kategori dengan tingkat permintaan tinggi dan rendah. Studi menyimpulkan bahwa ini K-Means Clustering adalah metode yang efektif untuk yang untuk mengidentifikasi pola penjualan dan mendukung pengambilan keputusan berbasis data.

.png)



.png)