SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) : PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA

  • Lusiatul Munawaroh Universitas Trunojoyo Madura
  • M. Agus Mulyadi Universitas Trunojoyo Madura
  • Jasmiatussifilfila Universitas Trunojoyo Madura
  • Elsa Maulidi Aulia Universitas Trunojoyo Madura
  • Rian Abrori Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Artificial Intelligence, Proses pembelajaran, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis peran Artificial Intelligence (AI)
terhadap proses pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic
Literature Review (SLR) dengan model PRISMA 2020. Peneliti mengumpulkan 7 artikel dari
aplikasi Harzing's Publish or Perish yang diterbitkan dalam kurun waktu antara 2020 - 2025.
Temuan utama dalam penelitian ini dikelompokan menjadi 3 bagian yaitu, (1) Implikasi etis
dan risiko ketergantungan, (2) Peran AI terhadap keterampilan berpikir kritis, dan (3) Peran AI
terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun AI memiliki
potensi besar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui personalisasi materi dan
pemberian umpan balik yang instan, penggunaannya yang tidak terkendali dapat menimbulkan
berbagai dampak negatif. Di antaranya adalah penurunan motivasi belajar, hilangnya
kreativitas, lemahnya keterampilan berpikir kritis, serta munculnya pelanggaran etika akademik
seperti plagiarisme dan kekhawatiran terhadap privasi data. Oleh karena itu, integrasi AI dalam
pendidikan tinggi harus dilakukan secara bijaksana dan seimbang agar mampu mendukung
proses pembelajaran tanpa mengorbankan nilai-nilai pedagogis dan integritas akademik
mahasiswa.

Published
2025-06-23