PENGARUH NETWORKING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK KERUPUK KULIT IKAN PATIN DI PUSAT PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN DAERAH DELI SERDANG

  • Idris Sani Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Tukimin Lubis Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Networking, Service Quality, Peningkatan Penjualan

Abstract

Penelitian ini menganalisis Pengaruh Networking Dan Service Quality Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Kerupuk Kulit Ikan Patin Di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang yang beralamat di JL.Medan-Tebing Tinggi Dusun V KM 21 Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Dei Serdang. Penelitian ini dimulai dari pra riset yang dilakukan pada bulan Februari-Juni 2022. populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 52 pedagang. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Berhubung jumlah Pedagang Di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang berjumlah 52 orang (kurang dari 100 orang), maka semua pedagang diambil jadi objek penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien sebesar 0,223, dimana nilai t-hitung > t-tabel (2.256 > 1.6746) dan signifikan sebesar 0,029 lebih kecil dari 0,05 artinya Networking berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjualan Produk Kerupuk Kulit Ikan Patin Di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang, maka Ha1 diterima. Nilai koefisien sebesar 0,661, dimana nilai t-hitung > t-tabel (6.688 > 1.6746) dan signifikan sebesar 0,000 lebih besar dari 0,05 artinya Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjualan Produk Kerupuk Kulit Ikan Patin Di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang, maka Ha2 diterima. Nilai Ftabel sebesar 3,19. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa Fhitung (39.806) > Ftabel (3,19), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis ketiga diterima, artinya Variabel Networking (X1) dan Service Quality (X2) berpengaruh secara serentak (simultan) terhadap Variabel Peningkatan Penjualan (Y).

Published
2022-10-31
Section
Articles