IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI TATA TERTIB SEKOLAH (REWARD PUNISHMENT)

  • Alen Manggola UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Febri Yansah IAIN Bengkulu
Keywords: Implementasi, Strategi Komunikasi, Reward Punishment

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bagaimana implementasi strategi komunikasi tata tertib sekolah (Reward Punishment) di SDN 104 Kota Bengkulu terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi komunikasi tata tertib reward punishment berdampak terhadap pembentukan kedisiplinan siswa di SD Negeri 104 Kota Bengkulu. Strategi komunikasi pelaksanaan tata tertib sekolah dilakukan melalui pembiasaan dan sosialisasi kepada siswa. Budaya SD Negeri 104 Kota Bengkulu dalam membentuk disiplin siswa melalui implementasi strategi komunikasi tata tertib sekolah dilakukan melalui sapa pagi, piket halaman, dan operasi semut.

References

Arifin, Anwar. (1984). Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas (Bandung: ARMICO)
Cangara, Hafied, (2017). Perencanaan & Strategi Komunikasi Edisi Revisi (Jakarta: Raja GrafindoPersada)
Effendy, Onong Uchjana, (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi (Bandung: Citra Aditya Bakti)
Rifa’i, Muhammad ( 2016). Sosiologi Pendidikan (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media)
Kurniawan, Wisnu Aditya (2018). BudayaTertibSiswa Di sekolah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa (Jawa Barat: CV Jejak)
Musfah, Jejen, (2015) Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik (Jakarta: Kencana)
Kurniawan, Wisnu Aditya, (2018).Budaya Tertib Siswa Di sekolah Penguatan Pendidikan Karakte rSiswa (Jawa Barat: CV Jejak)
Suwardi.Daryanto, (2016).Manajemen Peserta Didik (Malang: Gava Media)
Dewi Puspita ningrum, “ Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Disiplin Siswa DI SD Negeri 28 Surabaya: Jurnal S1 Fakultas Keguruan, Universitas Negeri Surabaya , 2008)
Published
2021-10-27