Dampak Konten Dakwah Media Sosial Terhadap Perkembangan Religiusitas Mahasiswa PAI UNJ
Abstract
Di era teknologi informasi tidak mungkin memisahkan perilaku mahasiswa dengan penggunaan internet baik yang diakses melalui komputer, laptop, dan gadget. Dakwah merupakan sebuah tanggung jawab setiap umat muslim, siapa dan apa pun profesinya dituntut untuk dapat menyampaikan dakwah walaupun hanya satu ayat. Untuk menyampaikan dakwah tentu harus memiliki sarana yang efektif agar tujuan dari dakwah tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Media sosial merupakan salah satu sarana untuk mengakses pesan moral dari dakwah yang disampaikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak konten dakwah di media sosial terhadap religiusitas mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data tidak langsung yaitu melalui kuesioner yang disebar ke beberapa mahasiswa PAI UNJ angkatan 2018-2021. Hasil dalam penelitian ini yaitu konten dakwah yang ada di media sosial berdampak baik pada perilaku keagamaan mahasiswa dari berbagai dimensi religiusitas seperti meningkatkan keimanan, meningkatkan ketaatan, menambah pengetahuan ajaran Islam serta dapat memotivasi dan menjadi pengingat untuk terus beribadah.
References
Darojat. (2018). Pengaruh Kegiatan Dakwah Terhadap Religiusitas Mahasiswa di Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Korps Dakwah Universitas Islam Indonesia (KODISIA) Tahun 2017. Skripsi. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Nashori, Fuad & Rachma Diana Mucharam. (2002). Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Menara Kudus.
Surya, J., Amali, M., & Hakam, A. (2016). Metode Dakwah dan Identitas Sosial Alumni Darul Musthafa Tarim Hadromaut Yaman pada Majelis Rasulullah di DKI Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an , 12(2), 158 – 170. https://doi.org/10.21009/JSQ.012.2.02
Copyright (c) 2022 Anastya Zalfa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.