BUDAYA PRASANGKA DAN GOSIP PERSPEKTIF QS. AL-HUJURAT: 12 (Analisis Ma’na cum Maghza)

  • Azka Noor Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Siti Mursida Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Gosip, Ma’na Cum Maghza

Abstract

Gibah atau kerap kali disebut gosip merupakan fenomena yang banyak terjadi dikalangan masyarakat. Perbuatan tersebut tak jarang mengundang pertikaian dan permusuhan yang memicu terputusnya hubungan silaturahmi antara umat manusia. Hal tersebut bertambah parah seiring perkembangan teknologi di zaman modern ini. Masyarakat tidak hanya dapat mengakses informasi seseorang secara oral, namun juga melalui media sosial yang kapan saja dapat diakses tanpa adanya kontak fisik antara satu dengan yang lainnya. Perkembangan teknologi tersebut memiliki dampak positif dengan mudahnya mendapatkan informasi tentang seseorang sehingga memudahkan seseorang terhindar dari kejahatan. Namun hal tersebut dapat berdampak negatif jika hal yang di informasikan merupakan hal yang salah dan aib dari seseoranbg. Berangkat dari fenomena tersebut,  tulisan ini mengupasTren Budaya Prasangka dan Gosip perspektif Qs. Al-Hujurat: 12 dengan menggunakan pendekatan ma’na cum maghza. Dengan beberapa langkah yang telah ditentukan oleh teori ma’na cum maghza untuk menemukan signifikansi dinamis dari Qs. Al-Hujurat: 12 menghasilkan beberapa poin positif diantaranya sebagai kontrol sosial dan mengurangi distorsi informasi yang tersebar luas, sedangkan poin negatif diantaranya dapat memicu terjadinya konflik diberbagai tempat dan rentan terkena kabar hoax bagi beberapa orang yang kurang memfilter informasi.

References

Ahmad. 2018. Desain Penelitian Analisis Isi. Content Analysis
Al-Ajluni, Ismail bin Muhammad. 1421 H. Kasyf al-Khafa’ wa Mazi>l al-Ilba>s ‘Amma> Isytahara min al-Ahadits ala> Alsinati an-Na>s (Beirut: Muassasah ar-Risalah) cet. 2
Al-Bani>, Muhammad Nas}iruddin. 1408 H. S{hahi>h al-Jami’ al-S{agi>r wa Ziyadatihi (Beirut: al-Maktab al-Islami) cet. 3
Al-Baydawiy Abi al-Khayr ‘Abdullah bin ‘Umar bin Muhammad al-Shiraziy. t.th. Anwar al-Tanzil wa Asrar al-Ta’wil al-Ma‘ruf bi Tafsir al-Baydawiy (Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al-‘Arabiy) jilid 4
Al-Dhamighani, Husain bin Muhammad. 1980. Qamu>s Al-Quran au Ishla>h Al-Wujuh wa An-Nadza>ir (Beirut: Dar al-Ilmi lil Malayyin) cet. 3
Al-Mubarakfuri, Shafiyyurrahman. 2008. Sirah Nabawiyah, terj. Kathur Suhardi (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar)
Al-Qattan, Manna’. t.th. Maba>his\ fi> ulu>m al-Qura>n (Kairo: Maktabah Wahbah)
Al-Quran Al-Karim
Al-Samarqandi, Abi Laits bin Muhammad al-Hanafi. 2000. Tanbi>h Al-Ga>filin (Beirut: Dar Ibnu Katsir)
Al-Zaila’i, Abdullah bin Yusuf. 1414 H. Takhrij al-Ahadits wa al-Atsar>r al-Wa>qiah fi Tafsir al-Kasysyaf (Riyadh: Dar Ibnu Khuzaimah)
An-Naisaburiy, Muslim bin Hujjaj al-Qusyri. 2001. Shohih Muslim (Beirut: Dar Ihya’ al-Kutub al-Arabiyyah)
Ath-Thobari,Ibnu Jarir. 1994. Tafsir ath-Thabari min Kitabihi Ja>mi’ul Baya>n an Ta’wili al-Qur’an (Beirut : al-Muassasah ar-Risalah)
Az-Zuhaili, Wahbah. 2003. at-Tafsi>r al-Munir fi al-Aqidah wa asy-Syari’ah wa al-Manhaj (Damaskus: Dar al-Fikr) cet. 2
Departemen Agama, 2009. al-Qur’an dan Tafsirnya (Jakarta: Departemen Agama)jilid 6
Dhulkifli, Muhammad Luthfi. 2019. Pro-Kontra Gibah dalam Tinjauan Hadis dan Konteks Maraknya Perilaku Gosip, Al-Quds: Jurnal Studi Al-Quran dan Hadis, Volume 3, Nomor 1, ISSN 2580-3174 (p), 2580-3190 (e)
Djuarsa, Sasa Sendjaja. 1994. Teori Komunikasi, (Universitas Terbuka)
Hafizah, 2019. Gosip dikalangan Ibu-ibu Rumah Tangga Studi Kasus: (Perumnas Siteba, Kelurahan Surau Gadang, kecamatan Nanggalo, Kota Padang), Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 4. No 1
Ibnu Katsir, 1985. Abu al-Fida>’. Tafsir Al-Quran Al-Adzim (Beirut: Dar Ahya al-Turats al-Arabi) jilid 5
Ibnu Mandzur, Abi Fadl Jamaluddin Muhammad bin mukarrom. t.th. Lisanul Arab (Beirut:Darushodur) jilid13
Inderasari, Elen. dkk., Bahasa Sarkasme Netizen dalam Komentar Akun Instagram “Lambe Turah”. Dalam jurnal Semantik, Volume 8, No. 1, Februari 2019
Judhita, Christiany. Buzzer di Media Sosial: Antara Marketing Politik dan Black Capaign dalam Pilkada (Yogyakarta: Mbridge, 2018)
Junida, Dwi Surti. 2018. E-GOSSIP: Studi Kasus Budaya Gosip Pengguna WhatsApp, E-GOSSIP: Case Study of WhatsApp Users Cultural, WALASUJI Volume 9, No. 2, Desember
Kamal, Taufik Adnan. 2011. Rekonstruksi Sejarah Al-Qur’an (Jakarta: Yayasan Abad Demokrasi)
Khashogi, Luqman Rico. 2012.Konsep Ummah Dalam Piagam Madinah, IN RIGHT Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia Vol.2, No.1,
Lantong, M. Bekti Khudari. 2016. Konsep Makkiyah dan Madaniyyah Dalam Al-Qur’an (Sebuah Analisis Historis-Filosofis)POTRET PEMIKIRAN – Vol.20, No. 1, Januari - Juni
Munzir, Muhammad. 2011. Gosip dalam Pandangan Hadis: Suatu Kajian Tematik (Makassar: UIN Alauddin)
Mustaqim, Abdul. 2020. Epistemologi Tafsir Kontemporer (Yogyakarta: Idea Press)
Nawawi, Imam. 2006. Syarah dan Terjemah Riyadhus Sholihin (Jakarta: Al-I’tisom) jilid 2.
Nufus,Hayati.dkk. 2018.Nilai Pendidikan Multicultural (Kajian Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Hujurat Ayat 9-13) al-iltizam, Vol.3, No.2, November
Saeed,Abdullah. 2006. Interpreting the Qur’an: Toward a Contemporary Approach (London and New York: Routledge)
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir al-Misbah Kesan Pesan dan Keserasian Al-Qur’an(Jakarta:Lentera Hati) jilid 9
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir al-Misbah Kesan Pesan dan Keserasian Al-Qur’an (Jakarta: Lentera Hati)
Shihab, M. Quraish. 2005. Tafsir al-Misbah Kesan Pesan dan Keserasian Al-Qur’an(Jakarta: Lentera Hati) jilid 6
Shihab, M. Quraish. 2013. Kaidah Tafsir (Jakarta : Lentera Hati)
Simanjutak dan Sosrodiharjo, 2014. Metode Penelitian Visual (Edisi Revisi) (Yogyakarta: Yayasan Pustaka Obor)
Syamsuddin, Sahiron. 2020. Metode Penafsiran dengan Pendekatan Ma‟na cum Maghza, dalam Pendekatan Ma’na cum Maghza atas Al-Qur’an dan Hadis: Menjawab Problematika Sosial Keagamaan di Era Kontemporer (Yogyakarta: Ladang Kata)
Tabrani, 2015. Arah Baru Metodologi Islam (Yogyakarta: Ombak)
Published
2022-01-04