STRATEGI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH MAJELIS TAKLIM DZIKIR DAN SHOLAWAT AS-SHOFA BANJARMASIN

  • Lukmana Lukmana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Strategi, Media Sosial, Pengembangan Dakwah

Abstract

Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin merupakan lembaga pendidikan agama Islam non-formal yang ada di Kota Banjarmasin. Dalam melaksanakan aktivitas dakwahnya, Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin menggunakan berbagai media. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif  dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam  menggali data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin mengembangkan dakwah Islam menggunakan instagram, youtube dan facebook. Sedangkan strategi pengelolaan media sosial yang dilakukan yakni melalui tiga tahapan, yakni proses perencanaan atau perumusan, proses implemantasi dan evaluasi. Majelis Taklim As-Shofa dalam mengembangkan dakwah fokus pada konten-konten dakwah Islam, mengembangkan metode pesan dakwah, melakukan branding pada da’i. memaksimalkan penggunaan fitur-fitur media sosial, menggunakan bahasa informatif dan persuasif, melakukan postingan berkala dan menyajikan visual multimedia yang menarik.

References

Effendy ,Onong Uchjana. 2003 Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: CitraAditya Bakti.
Kementerian Agama RI. 2012. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta : PT. Sinergi Pustaka Indonesia.
Munir, M dan Wahyu Ilaihi. 2009. Manajemen Dakwah, Bandung : Kencana.
Mutiah, Siti. 2000 Metodologi Dakwah Kontempor. Yogyakarta : Mitra Pustaka.
Rahim,, Syaiful. 2016. Teori Komunikasi Persfektif, Ragam, dan Aplikasi Jakarta :Rineka Cipta.
Rodman, George. 2008 Mass Media In a Changing World. New York : Mc Graw Hill Companies.
Rogers, Everett.M. 1983. Difussion of Innovations. New York: Free Press.
Syahputra, Iswandi. 2019. Media Relations:Teori:Strategi dan Inteljen. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.
Sumber Lain
Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII), “Tahun 2017 Pengguna Internet di Indonesia mencapai 143,26 juta orang” diakses dari http://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/16511126/tahun-2017-pengguna-Internet-di-Indonesia-mencapai-13426-juta orang pada 4 April 2019 pukul 22.10
Published
2022-01-04