Manajemen MANAJEMEN RADIO AMOEBA (ANAK MOEDA BANGKA) 105.1 PANGKALPINANG DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN KONSEP SIARAN MENJADI RADIO DAKWAH

Manajemen, Radio, Dakwah

  • siti siti haryati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Manajemen, Radio, Dakwah

Abstract

Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini permasalahan perubahan yang terjadi dalam sebuah organisasi harus memiliki manajeman yang baik dan benar, termasuk perubahan konsep siaran yang terjadi di Radio Amoeba yaitu berubah menjadi radio dakwah. Kendala dan hambatan yang dialami dialami Radio Amoeba mengganggu proses siaran. Penelitian ini merupakan hasil kajian dan pengamatan dari proses manajemen Radio Amoeba (Anak Moeda Bangka) 105.1 FM Pangkalpinang dalam menghadapi perubahan konsep siaran menjadi radio dakwah. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi lapangan serta diperkuat dengan dokumentasi berupa struktur organisasi, program acara, dan profil radio. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen Radio Amoeba (Anak Moeda Bangka) 105.1 FM Pangkalpinang dalam menghadapi perubahan konsep siaran menjadi radio dakwah masih tergolong lemah dan perlu dilakukan evaluasi sumber daya manusia yang berkompeten, serta pengawasan dan evaluasi hasil kinerja dengan cara membangun komunikasi yang baik dan efektif.

References

Abdi, M Rizki Majistra. 2016. “Strategi Komunikasi Radio Dakwah Dalam Memperoleh Pendengar Studi Deskriptif Kualitatif Pada Radio KIT A 94,3 FM Cirebon”, Skripsi (pdf), Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Amin, Samsul Munir. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Aryanti, Dwi. 2014. “Strategi Dakwah Islam Radio Komunitas Santri: Studi Kasus Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami Bogor-Jawa Barat”, Skripsi Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Badrudin. 2015. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Hasibuan, H. Malayu S.P. 2008. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ilaihi, Muhammad Munir dan Wahyu. 2009. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.
Ilaihi, Wahyu. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ma’arif, Bambang S. 2010. Komunikasi Dakwah Paradigma Untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
MD, H. Hasan Bisri. 2016. Ilmu Dakwah. Surabaya: Revka Petra Media.
Nasution, Nurhasanah. “Strategi Manajemen Penyiar Radio Swasta Kiss Fm Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital”. Jurnal Interaksi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Nurcholish Madjid. 32 Khutbah Jumat Cak Nur.
Pimay, H. Awaludin. 2006. Metodologi Dakwah. Semarang: RaSAIL.
Prasti, Rizka. 2010. “Dakwah Melalui Media Radio Analisis Program Cahaya Pagi Di Radio Alaikassalam Sejahtera Jakarta RASFM”, Skripsi (pdf), Jurusan Komunikasi Di Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rismawati, Endang. 2018. “Strategi Komunikasi Dakwah Radio 97, 6 FM LA Nugraha Lampung Pada Program Siraman Rohani”, Skripsi (pdf), Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Raden Intan Lampung.
Saefullah, Ernie Tisnawati Sule dan Kurniawan. 2005. “Pengantar Manajemen”. Jakarta: Kencana.
Soehadha, Moh. 2008. Metodologi Penelitian Sosiologi Agama (Kualitatif). Yogyakarta: Teras
Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Syamsuddin.2016. Pengantar Sosiologi Dakwah. Jakarta: Kencana.
Tahir, Muh. Said HM. 2014. “Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Smart FM Makassar Dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan”, Skripsi (pdf), Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin, Makassar.
Tono, Irawan Soehar. 2004. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Winardi, J. 2007. “Manajemen Perilaku Organisasi”. Jakarta: Kencana.
Published
2022-07-12
Section
Articles