Komunikasi Efektif Pustakawan di Perpustakaan: Systematic Literature Review

  • Fegi Sentiana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhamad Bisri Mustofa UIN Raden Intan Lampung
  • Siti Wuryan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Keywords: Komunikasi Efektif, Pustakawan, SLR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi efektif pustakawan di perpustakaan perpustakaan. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan ekstraksi data dari database Google Scholar dan Scopus. Dari hasil pencarian, diperoleh 25 artikel yang relevan, setelah dilakukan analisis, 15 artikel memenuhi kriteria inklusi, sementara 10 artikel masuk dalam kriteria eksklusi. Dari hasil uraian diatas komunikasi yang efektif sangat penting dalam dunia perpustakaan, baik antara pustakawan dan pemustaka maupun dalam pelayanan informasi. Pustakawan yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik dapat meningkatkan kualitas layanan dan membuat pemustaka merasa nyaman dalam mencari informasi. Strategi komunikasi yang tepat, yang melibatkan komunikasi verbal, nonverbal, serta kemampuan untuk menyampaikan pesan secara jelas, berperan besar dalam mencapai tujuan perpustakaan. Kualitas pustakawan sebagai komunikator yang efektif akan mempengaruhi hubungan dengan pemustaka, yang pada gilirannya berdampak pada kepuasan dan keberhasilan layanan perpustakaan.

References

Gani, S. A. (2024). Membangun Komunikasi Efektif Dalam Layanan Informasi Perpustakaan: Analisis Konseptual. Libria, 16(2), 114–125.
Gonie, L. E., & Lesnussa, R. J. (2024). Implementasi Komunikasi Efektif Dalam Pemberian Pelayanan Prima Di Dinas Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara. Telangke:Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 6(1), 18–30. https://doi.org/10.55542/jiksohum.v6i1.943
Haliza, I. N. (2020). Pengaruh Komunikasi Efektif Pustakawan terhadap Kepuasan Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo. In UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hayati, F. N. (2020). Strategi Komunikasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Karanganyar Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung. IAIN Surakarta.
Jabbar, F., Iskandar, I., Yaumi, M., Ahmad, L. O. I., & Ibrahim, A. (2021). Librarian Interpersonal Communication in Improving Service Quality At the Syekh Yusuf Library Uin Alauddin Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 9(1), 62. https://doi.org/10.24252/jdi.v9i1.18901
Marta, R. (2023). Strategi Komunikasi Efektif untuk Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Al-Ma’arif: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 03(01), 109–122.
Mustofa, M. B., Fegi Sentiana, Faizafati Matus Zahro, & Siti Wuryan. (2023). Interpersonal Communication Relationships and Libraries: a Systematic Literature Review. Komunike, 15(2), 169–190. https://doi.org/10.20414/jurkom.v15i2.8793
Mustofa, M. B., Efendi, N., Sentiana, F., Wuryan, S., & Sudarto, A. (2024). Interpersonal Communication Skills as Librarian: Systematic Literature Review: Keterampilan Komunikasi Interpersonal sebagai Pustakawan: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. Al-Jamahiria: Jurnal Komunikasi dan Dakwah Islam, 2(1), 1-17.
Mustofa, M. B., Febrian, M. K., & Wuryan, S. (2023). Strengthen Interpersonal Communication in Improving Library Services for People with Disabilities. Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 6(02), 64-75. https://doi.org/10.38073/wasilatuna.v6i02.1029
Mustofa, M. B., Ulvi, S., & Wuryan, S. (2024). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pustakawan dalam Layanan Sirkulasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 83-96.
Nurul Swandari, & Abdurahman Jemani. (2023). Pengembangan Soft Skill Peserta Didik melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang). LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(2), 127–147. https://doi.org/10.58218/literasi.v2i2.632
Octaviansyah, A., Priyono, H., Nata, A., Informasi, S., Ilmu Komputer, F., & Ichsan Satya, U. (2023). Pelatihan & Penerapan Keterampilan Komunikasi Asertif dilingkungan Siswa SMKS 11 PGRI Serpong. Journal of Human And Education, 4(1), 643–649.
Paramitha, A. (2020). Komunikasi efektif komunitas rumah baca dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di dusun Kanoman. Commicast, 1(1), 1. https://doi.org/10.12928/commicast.v1i1.2408
Prabowo, T. T. (2019). Komunikasi efektif pada bahasa tubuh pustakawan. Khizanah Al-Hikmah :Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 7(1), 01–11. https://doi.org/10.24252/kah.v7i1a1
Putri, A. F., Manik, G., Nabila, F., & Chamidah, N. (2021). Implementasi Scraping Google Scholar Menggunakan HTML DOM Untuk Pengumpulan Data Artikel Dosen UPN Veteran Jakarta Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer Dan Aplikasinya, 2(1), 668–678.
Putri, B. A., & Dewiyani, C. (2021). Kemampuan Komunikasi Pustakawan Dalam Layanan Informasi Di Perpustakaan. Wardah, 22(2), 65–73.
Rahman, A., Suharyat, Y., Santosa, T. A., Abdullah, E., & Rizal, P. (2023). E-learning and higher order thinking: Impact of STEM-based approach. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 6(1), 45–58. https://doi.org/10.33292/petier.v6i1.173
Ramadhona, T., & Sari, S. N. (2024). User Satisfaction With Mobile Library Services in Padang City : The Influence of Librarian Interpersonal Communication. Proceeding Annual International Conference of Imam Bonjol Library, 27–36.
Sabriana, A. (2022). Strategi Komunikasi Perpustakaan Terhadap Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa/I. Jurnal Ilmu Peprpustakaan, 11(1), 9–15.
Setiawan, N., & Sofyan, H. (2022). Implementasi kurikukum merdeka belajar di SMK Pusat Keunggulan. Taman Vokasi, 10(1), 31–37. https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.12114
Suratmi, I. (2021). Pentingnya Membangun Komunikasi Dalam Layanan Perpustakaan. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 1–11.
Wijanaraga, I. W. (2022). Komunikasi efektif di Perpustakaan. Jurnal Literasi Pustakawan, 4(7).
Published
2024-12-30