Peran Public Relations Shl Hotel And Resort Dalam Mengatasi Ketegangan Dengan Warga Sekitar

  • ADE AMELIA APRILYSANI UNIVERSITAS LAMPUNG

Abstract

Public Relations menjadi salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara suatu perusahaan dan masyarakat melalui strategi komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Public Relations (PR) SHL Hotel and Resort dalam mengatasi ketegangan yang terjadi dengan warga sekitar. Ketegangan ini disebabkan oleh perbedaan kepentingan antara pihak hotel yang ingin memperluas operasional dan warga yang merasa terdampak oleh aktivitas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PR SHL Hotel and Resort memainkan peran penting sebagai mediator dalam komunikasi antara pihak manajemen dan warga sekitar. Beberapa strategi yang dilakukan meliputi kampanye sosial, dialog terbuka, serta program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Melalui pendekatan ini, ketegangan berhasil diminimalisir, dan hubungan antara hotel dan warga menjadi lebih harmonis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran PR dalam mediasi konflik lokal sangat krusial dalam menjaga citra positif perusahaan dan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan.

References

Baker, M., J., & Balmer, J., M., T. (2017). Branding and Corporate Reputation. Journal of Brand Managemen, 24(1), 1–17.
Botan, C., H., & Hazleton, V. (1989). Public Relation Theory. Lawrence Elbraum Associates Publisher.
Cutlip, S., Center, A., H., & Broom, G., M. (2009). Effective Public Relations. Kencana.
Darmawan, I. G. G. (2019). Penerapan Csr (Corporate Social Responsibility) Pada Perusahaan Air Melya Cv. Bagas Tirta Utama Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Laba Usaha Perusahaan. Vokasi: Jurnal Riset Akuntansi, 7(1), 19.
Elvadri, A. B., Karimah, A. U., Midaria, I. U., Shela, J. D., Deden, M., Adhani, M., & Susanti, N. M. (2023). Penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) Pada PT. Pertamina dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Lingkungan Perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 223–231.
Fuady, M. (2002). Doktrin-doktrin Modern dalam Corporate Law dan Eksistensinya dalam Hukum Indonesia. Citra Aditya Bakti.
Ibrahim, A. I., Erdiyana, L. K., & Nugraha, A. R. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Pertamina (Persero) pada Program Siswa Mengenal Nusantara. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 85–96.
Jefkins, F. (2003). Public Relations. PT Gelora Aksara Pratama.
Marthin, M., Salinding, M. B., & Akim, I. (2018). Implementasi Prinsip Corporate Social Responsibility (Csr) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Journal of Private and Commercial Law, 1(1), 111–132.
Mayasari, S., Purihastine, M., & Qibtiah, A. (2019). Strategi Public Relations PT Kasoem Hearing Dalam Mempublikasikan Kasoem Exhibition 2018 Kepada Masyarakat Indonesia. Jurnal Komunikasi, 10(1), 56–63.
Nurjani, M., & Resnawaty, R. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) Pt Pertamina Melalui Program Pertamina Cerdas. Share : Social Work Journal, 13(1), 74.
Pertiwi, M. S., & Hadi, S. P. (2021). Pengaruh Strategi Public Relations Terhadap Citra Perusahaan. Prosiding Hubungan Masyarakat, 7(1), 357–363.
Pohan, M. (2011). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Buruh. Pustaka Bangsa Press.
Purba, B. (2020). Pengaruh Public Relations Terhadap Peningkatan Pengguna Jasa Di Bandara Internasional Kualanamu Kab. Deli Serdang. Network Media, 1(1).
Rensburg, R., S., & Cant, M., C. (2018). Public Relations and the Role of Management in Corporate Social Responsibility. African Journal of Business Management, 12(3), 45–52.
Rita. (2019). Implementasi Corporate Social Responsibility (Studi Pada Hotel Grand Clarion Makassar). Pusaka : Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 1(1), 29–35.
Ruslan, R. (2005). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. PT Raja Grafindo Persada.
Setiadarma, A. (2022). Strategi Media Relations Dalam Krisis. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 130–139.
Susanto, A., B. (2007). Corporate Social Responsibility. The Jakarta Consulting Group.
Syahruddin, Hasdi, Kasim, S., Ode, L., Nasir, M., Sarlan Menungsa, A., & Mardiana, ). (2023). Analisis Peran Public Relation Dalam Mengatasi Krisis Perusahaan Di Pt. Kalla Toyota Kendari. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan E-ISSN, 1(2), 138–152.
Tirmidzi, M. S. (2023). Public Relation dan Peranannya dalam Mengatasi Krisis di Organisasi dan Perusahaan. December.
Published
2024-12-30