KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN GAME HIGGS DOMINO ISLAND PADA MASYARAKAT DESA MAGA LOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak bermain Game Higgs Domino Island terhadap komunikasi interpersonal di masyarakat desa Maga Lombang dan untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi dampak bermain Game Higgs Domino Island menurut kepala desa, tokoh agama dan masyarakat yang telah berhenti bermain Game Higgs Domino Island. Penelitian dilaksanakan di desa Maga Lombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi dilapangan. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa dampak Kecanduan Game Higgs Domino Island terhadap komunikasi interpersonal seperti kurangnya interaksi sosial dan suka berkata kasar adapun cara mengatasi dampak bermain Game Higgs Domino Island terhadap komunikasi interpersonal masyarakat desa Maga lombang menurut kepala desa Maga Lombang adalah dengan membuat pelatihan seperti pelatihan pembuatan sabun cuci piring yang sengaja dibentuk perkelompok agar terjalin kembali komunikasi interpersonal yang efektif, solusi yang diberikan tokoh agama adalah mengadakan pengajian rutin setiap malam rabu yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat pengguna Game Higgs Domino Island sedangkan solusi menurut masyarakat yang telah berhenti bermain Game Higgs Dominon Island adalah dengan mengenali pemicunya dan mengisi kekosongan waktu dengan hal yang bermanfaat serta doa yang tulus kepada Allah SWT.
References
Marlina; Arvianti, Eri Yusnita; Mitrin, Abdullah; Rambe, Elismayanti; Maulina, Hilda; Yuliana; Rofiatin, U. D. D. (2022). Buku Ajar Ilmu Komunikasi. CV. Feniks Muda Sejahtera.
Sari, Y. P. (2022). Peran orang tua dalam mengatasi perilaku menyimpang remaja akibat game online higgs domino di kelurahan padang kapuk bengkulu selatan.
Jurnal
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337–342. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611
Daud, R. F., Marini, M., & Monica, D. (2022). Pengaruh Game Online “Mobile Legend” dan Psikologi Anak Terhadap Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi dalam Keluarga. Empiricism Journal, 3(2), 254–263. https://doi.org/10.36312/ej.v3i2.1005
Hadisaputra. (2022). Strategi Pemanfaatan Game Online Dalam Mendidik Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.26721
Hazbulloh, A. (2023). Dampak Terpaan Game Online Higgs Domino Island Pada Mahasantri Putra Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup (Issue 19521008) [IAIN Curup]. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4383%0Ahttp://e-theses.iaincurup.ac.id/4383/1/bakar kaset skripsi andrean pdf %281%29.pdf
Munawaroh, K., Deliani, N., & Hamzah, P. K. (2023). Pengaruh Kecanduan Game Online Berbayar Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EL-Hadhary Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin, 1(2), 43–54. 10.61693/elhadhary.vol102.2023.43-54
Permana, A. A., Marviana, D., Rahmawati, W., Nurhadi, Z. F., & Kunci, K. (2023). Makna Komunikasi Anak Dan Orang Tua Di Media Sosial Whatsapp. Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia , 2(10), 2076–2085. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3422
Internet
Panama, N. (2022). Higgs Domino Island, antara hobi dan judi. Antara. https://www.antaranews.com/berita/2917553/higgs-domino-island-antara-hobi-dan-judi
Copyright (c) 2024 Akhiruddin Nasution, Marlina Marlina, Datuk Imam Marzuki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.