PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS X DI SMAN 1 CUKUH BALAK
Abstract
Tujuan penelitian: (1) menghasilkan produk model pembelajaran Keanekargaman Hayati berbasis Ekosistem Mangrove sebagai Sumber Belajar Kelas X di SMAN 1 Cukuh Balak, (2) mengetahui tingkat kepraktisan model pembelajaran Keanekargaman Hayati berbasis Ekosistem Mangrove dan (3) mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran Keanekargaman Hayati berbasis Ekosistem Mangrove. Research and development adalah Penelitian yang digunakan dalam mengembangkan model pembelajaran Keanekargaman Hayati berbasis Ekosistem Mangrove sebagai Sumber Belajar Kelas X di SMAN 1 Cukuh Balak tahun pelajaran 2021/2022. Hutan mangrove di pantai Kecamatan Cukuh Balak mempunyai arti yang sangat penting baik sebagai suatu ekosistem maupun sebagai sumber daya alam. Keberadaan hutan mangrove di Cukuh Balak ini mulai mengalami perubahan disebabkan karena adanya Campur tangan manusia yang semakin meningkat terhadap hutan mangrove dalam rangka memenuhi kebutuhan atau meningkatkan kualitas hidupnya, Hutan Mangrove bisa digunakan sebagaih bahan belajar siswa SMAN 1 Cukuh Balak Kelas X pada materi Keanekaragaman Hayati.
Copyright (c) 2022 BIOLOVA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.