PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS X DI SMAN 1 CUKUH BALAK

  • Aprida Yani Pendidikan Biologi UM Metro
  • Hening Widowati Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro
  • Achyani Achyani Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran, Keanekaragaman Hayati, Mangrove

Abstract

Tujuan penelitian:  (1) menghasilkan produk model pembelajaran Keanekargaman Hayati berbasis Ekosistem Mangrove sebagai Sumber Belajar Kelas X di SMAN 1 Cukuh Balak,  (2) mengetahui tingkat kepraktisan model pembelajaran Keanekargaman Hayati berbasis Ekosistem Mangrove dan (3) mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran Keanekargaman Hayati berbasis Ekosistem Mangrove. Research and development adalah Penelitian yang digunakan dalam mengembangkan model pembelajaran Keanekargaman Hayati berbasis Ekosistem Mangrove sebagai Sumber Belajar Kelas X di SMAN 1 Cukuh Balak tahun pelajaran 2021/2022.  Hutan mangrove di pantai Kecamatan Cukuh Balak mempunyai arti yang sangat penting baik sebagai suatu ekosistem maupun sebagai sumber daya alam. Keberadaan hutan mangrove di Cukuh Balak ini mulai mengalami perubahan disebabkan karena adanya Campur tangan manusia yang semakin meningkat terhadap hutan mangrove dalam rangka memenuhi kebutuhan atau meningkatkan kualitas hidupnya, Hutan Mangrove bisa digunakan sebagaih bahan belajar siswa SMAN 1 Cukuh Balak Kelas X pada materi Keanekaragaman Hayati.

Published
2022-02-28