PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI INVERTEBRATA
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran mindmapping terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Invertebrata (2) Pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Invertebrata (3) Interaksi antara metode pembelajaran mind mapping dan motivasi belajar yang berbeda terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi Invertebrata. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu atau quasi eksperiment. Desain yang digunakan adalah Pre Test-Post Test Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik Kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas. Setiap pembelajaran diwakili oleh satu kelas. Kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen metode mind mapping, dan Kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol metode konvensional. Jumlah peserta didik Kelas X MIPA 1 adalah 28, Kelas X MIPA 2 berjumlah 26 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terkait metode pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Invertebrata. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan terkait motivasi belajar peserta didik terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Invertebrata. (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran mind mapping dan motivasi belajar yang berbeda terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi Invertebrata.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.