PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI INVERTEBRATA

  • W.F. Novitasari Pendidikan Biologi UM Metro
  • Hening Widowati
  • Achyani Achyani

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran mindmapping‎ terhadap keterampilan berpikir ‎kreatif peserta didik pada materi Invertebrata (2) Pengaruh motivasi belajar peserta didik ‎terhadap keterampilan berpikir ‎kreatif peserta ‎didik pada materi Invertebrata (3) Interaksi antara metode pembelajaran mind mapping dan motivasi ‎‎belajar yang berbeda terhadap kemampuan ‎berpikir ‎kreatif peserta didik pada materi Invertebrata. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu atau quasi eksperiment. Desain yang digunakan adalah Pre Test-Post Test Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik Kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas. Setiap  pembelajaran  diwakili oleh satu kelas. Kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen metode mind mapping, dan Kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol metode konvensional. Jumlah peserta didik Kelas X MIPA 1 adalah 28, Kelas X MIPA 2 berjumlah 26 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terkait metode pembelajaran mind mapping‎ terhadap keterampilan berpikir ‎kreatif peserta didik pada materi Invertebrata. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan terkait motivasi belajar peserta didik ‎terhadap keterampilan berpikir ‎kreatif peserta ‎didik pada materi Invertebrata. (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran mind mapping dan motivasi ‎‎ belajar yang berbeda terhadap kemampuan ‎berpikir ‎kreatif peserta didik pada materi Invertebrata.

Published
2020-08-29
Section
Articles