Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Mahasiswa Melalui Simulasi PhET : Kasus Mekanisme Seleksi Alam Pada Matakuliah Biologi Umum
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian mix-method yang bertujuan mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi mahasiswa melalui penggunaan simulasi PhET pada materi seleksi alam pada mahasiswa program studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika UNIROW. Subjek penelitian melibatkan 30 objek penelitian mahasiswa Pendidikan biologi dan Pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data melalui tes yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan uji paired sample T-test dan aktivitas belajar. Hasil analisis uji t menghasilkan output Sig. (2 tailed) 0,000 <0,05, maka H0 ditolak, dan HA diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pretest dan postest keterampilan argumentasi melalui media simulasi PhET pada mahasiswa Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika. Hasil keterampilan argumentasi menunjukkan bahwa profil keterampilan argumentasi mahasiswa Pendidikan biologi dominan pada level 4 dan 5 sedangkan mahasiswa Pendidikan matematika menunjukkan level 2 dan 3. Pola argumentasi mahasiswa menunjukkan hasil yang bervariasi paling tinggi dengan pola CWBDRQ dan pola paling rendah adalah CW dan CD. Perbedaan level argumentasi disebabkan karena adanya bias kebiasaan pada pembelajaran. Mahasiswa Pendidikan biologi terbiasa dengan pembelajaran praktikum dan fenomena yang dapat mengkonstruksi kemampuan mahasiswa dalam belajar sehingga keterampilan argumentasinya lebih unggul dibandingkan dengan mahasiswa Pendidikan matematika.
Copyright (c) 2023 BIOLOVA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.