Pembelajaran IPAS Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

  • Siti Khodijah Universitar Jember
  • Sudarti Universitas Muhammadiyah Metro
  • Rusdhianti Wuryaningrum Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Pembelajaran, lingkungan, literasi sains

Abstract

Keterampilan literasi sains yang digunakan memiliki 3 aspek yang mencakup 5 indikator. Aspek pertama adalahpengetahuan sainsdengan 3 indikator, aspek kedua adalahpenelitian tentang hakikat ilmu pengetahuan dengan 1 indikator, dan aspek terakhir adalahproses sains dengan 1 indikator. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jatimulyo 01 Oktober ā€“ November 2023 dengan menggunakan metodedesain pra-eksperimental. Data yang dikumpulkan merupakan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan dalam 2 tahap yaitu: pra kegiatan dan pasca kegiatan dengan pengolahan data yang dihasilkan dianalisis menggunakanUji-t Sampel Berpasangan. Hasil untuk 5 indikator dalam 3 aspek dari 27 responden menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil observasi meningkat dari 23,86 menjadi 32,07 dengan nilai sebesarmaknapada ujianUji-t Sampel BerpasanganApabila diperoleh hasil sebesar 0,000 dan nilai tersebut < 0,05 maka dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil observasi pra kegiatan dan pasca kegiatan yang telah dilakukan dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains siswa setelah mengunjungi Pawon Urip di kantor desa Jatimulyo.

Published
2024-08-21