PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR : PENDEKATAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

  • Ade Gunawan Universitas Muhammadiyah Metro
  • Endah Nike Marsita PGSD UM Metro
  • Mutia Okta Sari PGSD UM Metro
  • Rissa Astikasari PGSD UM Metro
  • Sevia Amelia PGSD UM Metro
Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar IPA, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Simbarwaringin, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain quasi-experiment dengan pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari dua kelas IV yang dipilih secara acak, masing-masing terdiri dari 27 siswa. Kelompok eksperimen menggunakan metode eksperimen dengan proyek lampu lava, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen (91,82) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (76,40), dengan peningkatan masing-masing sebesar 27,61 poin dan 12,62 poin. Data ini mengindikasikan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep, motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa

Published
2024-08-08