PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR : PENDEKATAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Simbarwaringin, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain quasi-experiment dengan pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari dua kelas IV yang dipilih secara acak, masing-masing terdiri dari 27 siswa. Kelompok eksperimen menggunakan metode eksperimen dengan proyek lampu lava, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen (91,82) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (76,40), dengan peningkatan masing-masing sebesar 27,61 poin dan 12,62 poin. Data ini mengindikasikan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep, motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa
Copyright (c) 2024 BIOLOVA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.