MODEL PEMANFAATAN TIKTOK PADA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
Abstract
Pekembangan pesat zaman, khusunya dibidang tekonologi, telah mengubah kebiasaan manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Muculnya media baru atau new media telah mempermudah interaksi manusia dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu produk new media adalah media sosial, yang memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk mengeksplorasi minat mereka secara online. Salah satu media sosial yang banyak diminati dikalangan remaja saat ini yaitu TikTiok. Banyak motivasi para pengguna TikTok dalam memanfaatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi model pemanfaatan TikTok oleh mahasiswa Program Studi Komunkasi dan Penyiaran Islam (KPI), angkatan 2020, Universitas Muhammadiyah Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap mahasiswa KPI angkatan 2020 yang aktif menggunakan TikTok. Hasil penelitian ini menujukkan TikTok memberikan manfaat bagi mahasiswa KPI angaktan 2020 Universitas Muhammadiyah Metro, yaitu, (1) pemenuhan kebutuhan informasi, (2) pemenuhan kebutuhan identitas, (3) pemenuhan kebutuhan hiburan, (4) pemenuhan kebutuhan interaksi sosial, dan (5) pemenuhan kebutuhan penghindaran dan relaksasi.