Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Pandemi Covid-19 Pada Kelurahan Purwoasri Kecamatan Metro Utara Kota Metro

  • Rizky Pratama Saputra Universitas Muhammadyah Metro
  • Selamet Fuadi Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Sarana Komunikasi, Sarana Promosi, Sarana Riset, Pengembangan UMKM

Abstract

          Rizky Pratama Saputra Npm. 17610083. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media  Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Pandemi Covid-19 pada Kelurahan Purwoasri Kecamatan Metro Utara Kota Metro”. Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. Bambang Suhada,S.E.,M.Si. (2) Fitriani,S.E.,M.M.

          Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dan menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Purwoasri Kecamatan Metro Utara Kota Metro, dengan responden berjumlah 45 UMKM.

         Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif (mix method) dengan metode sampel sensus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket kuesioner, sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda melalui uji parsial t dan uji simultan f serta koefisien determinan (R2).

          Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) sarana komunikasi terhadap pengembangan UMKM di Kelurahan Purwoasri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, dari hasil uji t mendapatkan nilai sebesar thitung 3,197 > ttabel 2,019. (2) sarana promosi terhadap pengembangan UMKM di Kelurahan Purwoasri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, dari hasil uji t mendapatkan nilai sebesar thitung 3,197 > ttabel 2,019. (3) sarana riset terhadap pengembangan UMKM di Kelurahan Purwoasri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, dari hasil uji t mendapatkan nilai sebesar thitung 3,868 > ttabel 2,019.

Published
2022-09-26
Section
Articles