Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Mini Market Taqwa Mulia

  • Reni Anita Murni Universitas Muhammadiyah Metro
  • Deny Edy Widodo Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Variasi Produk, harga, pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Berdasarkan temuan di lapangan terjadi penurunan jumlah pelanggan pada bulan maret-mei tahun 2020. Berdasarkan permasalahan tersebut, perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah terdapat pengaruh varian produk, harga dan pelayanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Mini market Taqwa Mulia?”. Dari permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh variasi produk, harga dan pelayanan secara simultan terhadap meningkatan kepuasan pelanggan pada Mini market Taqwa Mulia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explenatory survey yaitu survey yang digunakan untuk menjelaskan hubungan kausal antara dua variabel melalui pengujian hipotesis yang dirumuskan atau sering disebut sebagai penelitian penjelas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji t parsial, dan r2 determinasi.

Berdasarkan analisa data yang dilakukan menggunakan rumus regresi linear sederhana diperoleh y’ 3,982 + 0, 567 X1 + 0, 292 X2 + 0, 141 X2 + e. Hasil uji R2 (R Square) didapatkan hasil 0,778, hal ini membuktikan bahwa kemampuan variabel bebas untuk memberikan kontribusi pada variabel terikatnya adalah sebesar 77,8%. Berarti terdapat 22,2% varians variabel terikat yang dijelaskan oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian.

Published
2022-09-26
Section
Articles