Pengaruh Harga, Distribusi Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Motor Honda Beat (Studi Kasus Pada PT. Tunas Dwipa Matra Tulang Bawang Barat)

  • Nur Wulandari Universitas Muhammadiyah Metro
  • Selamet Fuadi Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Kata kunci: harga, distribusi, promosi, volume penjualan

Abstract

 

Abstrak

 

Sebagai upaya peningkatan volume penjualan beberapa upaya yang diterapakan oleh perusahaan diantaranya yaitu menentukan tingkat harga yang rasional, menyediakan jalur distribusi yang baik dan melakukan promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, distribusi dan promosi terhadap volume penjualan motor Honda Beat pada PT. Tunas Dwipa Matra Tulang Bawang Barat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory survey. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan objek penelitian adalah harga, distribusi, promosi dan volume penjualan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah laporan mengenai harga produk, biaya promosi dan biaya distribusi di PT. Tunas DwipaMatra Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 2019-2020. Pengumpulan data teknik dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan analisa kualitas data dan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan secara partial distribusi dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap volume penjualan. Secara simultan harga, distribusi dan promosi secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Berdasarkan angka coefisiensi dan nilai thitung dapat diketahui bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan adalah faktor distribusi

Published
2022-12-06
Section
Articles