Pengaruh Labelisasi Halal dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Korea pada Konsumen di Kota Metro
Abstract
Label halal dan citra merk merupakan hal yang cukup dipertimbangkan masyarakat Indonesia sebelummemutuskan untuk membeli suatu produk makanan dan minuman dikarenakan Indonesia merupakannegara dengan mayoritas muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhlabelisasi halal dan citra merk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk Mie InstanKorea di pada konsumen Kota Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeexplanatory survey. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan objek penelitian adalahlabelisasi halal, citra merk dan keputusan pembelian. Populasi penelitian adalah konsumen di KotaMetro dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan datamenggunakan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan analisa kualitas data dananalisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa labelisasi halal dan citra merkterhadap keputusan pembelian konsumen. Melihat signifikansi yang diperoleh maka variabel yangpaling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah citra merk produk.
References
Keputusan Pembelian Teh Racek (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Islam Malang), e – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas
Ekonomi Unisma.
Kamilah. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian
melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(2).
Keputusan bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Agama RI No.
427/Men.Kes/SKBMII/1985 (No.68 Tahun 1985) tentang Pencantuman Tulisan Halal
Pada Label Makanan.
Kotler., & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Puspita. (2018). Pengaruh Label Halal dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian
Kosmetik. Seminar Nasional 2018. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Mulawarman.