Pengaruh Brand Images dan Fashion Involvement terhadap Consumer Buying Decision Process Sepatu Bata Dikalangan Mahasiswa FEB UM Metro

  • Linda Fitriana Universitas Muhammadiyah Metro
  • Suharto Suharto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Suwarto Suwarto Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Brand Images, Fashion Involvement, Buying Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand images dan fashion involvement terhadap
buying decision. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan metode
explanatory survey dan teknik pengambilan sampel berupa accidental sampling terhadap 160 orang
responden pelanggan sepatu Bata menggunakan kuesioner dengan skala likert. Pengujian persyaratan
instrumen yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji normalitas, uji homogenitas,
uji linieritas dan keberartian regresi sebagai pengujian persyaratan analisis SEM (Structural Equation
Modeling), dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SEM (Structural Equation
Modeling). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation
Modeling) diperoleh brand images berpengaruh terhadap buying decision, fashion involvement
berpengaruh terhadap buying decision, dan brand images berpengaruh terhadap fashion involvement.

References

Andi, I. (2015). Analisis Perilaku Mahasiswa Manajemen dalam Kaitannya dengan Hasil
Ujian Komunikasi Bisnis (Studi Mahasiswa pada Mahasiswa Manajemen Unjani).
Jurnal Bisnis Darmajaya, 1(2), 60 – 68.
Basavaraj, S., & Shivashankar. (2017). The Impact of Brand Images on Customer’s Loyality
toward Private Label Brands: The Mediating Effect of Statisfaction. Hubli-Dharwad
Conglomerat City of Karnataka. International Journal of Marketing & Financial
Management, 5(8), 43 – 50.
Danny, A. B. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Images) dan Kepercayaan Merek
(Brand Trust) terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyality) ADES PT. Ades Alfindo
Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1 – 9.
Dewi, L. S., & Tri, Y. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis, Keterlibatan Fashion dan
Visual Merchandising terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal dan Ilmu Riset Manajemen,
6(3), 16-18.
Djumarno., Oktaviadri, S., & Said, D. (2017). The Effect of Brand Image, Product Quality,
and Relationship Marketing on Customer Satisfaction and Loyalty. International
Journal of Business Marketing and Management, 2(10), 15-24.
Published
2020-12-29
Section
Articles