Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online dan Pengalaman Pembelian terhadap Belanja Produk Online
Abstract
Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan adalah 1) untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja
terhadap belanja produk online. 2) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan online terhadap belanja
produk online. 3) Untuk mengetahui pengaruh pengalaman pembelian terhadap belanja produk online.
4) Untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja, kepercayaan online dan pengalaman pembelian
terhadap belanja produk online. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Program Studi Manajemen 2016 di Universitas Muhammadiyah Metro. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah 118 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
persamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji f. Hasil penelitian untuk
persamaan regresi linier berganda diperoleh Y = 50,706 + 0,190 X1 + 0,174 X2 + 0,236 X3.
Berdasarkan hasil uji t, hipotesis Ho diterima dan hipotesis Ha ditolak dimana thitung > ttabel. Maka
secara parsial kepercayaan online (X2), dan pengalaman pembelian (X3) memiliki pengaruh signifikan
terhadap berbelanja online (Y). Hasil uji simultan menunjukkan bahwa orientasi belanja (X1),
kepercayaan online (X2), dan pengalaman pembelian (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif
secara signifikan terhadap belanja online (Y).
References
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2013). Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce dengan Kepercayaan Konsumen
dalam Minat Produk Fashion Online.
Helena, H. (2017). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Pengalaman Berbelanja, dan
Kemudahan Transaksi terhadap Minat Belanja online di Kalangan Mahasiswa Program
studi Manajemen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Hery. (2013). Pembuatan Website E-Commerce pada Distro Java Trend. Seminar Riset
Nasional Informatika dan Komputer, 19.
Kusuma, D. F., & Septarini, B. G. (2013). Pengaruh orientasi Belanja terhadap Intens
Pembelian Produk Pakaian Secara Online Pada Pengguna Online Shop. Jurnal Psikologi
Industri dan Organisasi, 02.
Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew. T. H. (2010). The Effects of Orientations, Online Purchase
Experience toward Customers Online Purchases Intetion. International Business
Research, 3(3).
Prasetyo., & Lina. (2010). Online Purchase Experience toward Customers Online Purchases
Intetion. International Business Research.
Sofian. (2014). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online dan Pengalaman Pembelian
Terhadap Minat Beli Pelanggan Secara Online Pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi
Uiversitas Syiah Kuala.
Schiffman, L. G., and Kanuk, L. L. (2000). Consumer Behavior, Seventh Edition. USA:
Prentice-Hall, Inc.
Tanneke, I. T. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan TErhadap Minat Beli Pada EVommerce
dengan Fasilitas Escrow studi pada pengguna Tokopedia dan Bukalapak
Indonesia.
Vijayasarathy, L. R., & Jones, J. M. (2003). “Print and Internet Catalog Shopping: Assessimh
Attitudes and Intentions”, Internet Research: Electronic Network Applications and
Policy, 10(3), 191 – 2002.
Wahyu, Y. P. (2018). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Orientasi Belanja dan Electronic
Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi pada Konsumen
Marketplace Bukalapak.com di Tangerang Selatan).
Zoel. (2013). Meningkatkan Pertumbuhan Belanja Online di Pasar Negara Berkembang.Diakses 20 Desember 2014, http//:www.,arketing.co.id/blog/2012/06/18/meningkatkanpertumbuhan-belanja-online-di-pasarnegara-berkembang.