Pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Shopping terhadap Impulse Buying dari Penjualan Online di Media Sosial Instagram (Studi pada Mahasiswa FEB UM Metro)

  • Lulu Zakiyah Universitas Muhammadiyah Metro
  • Yateno Yateno Universitas Muhammadiyah Metro
  • Jati Imantoro Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping, Impulse Buying

Abstract

Belanja online adalah sebuah proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui media berupa situs-situs
jual beli online ataupun jejaring sosial yang menyediakan barang atau jasa. Perilaku pembelian tidak
terencana dipengaruhi oleh Shopping Lifestyle yang terdiri dari setiap tawaran iklan mengenai produk
fashiondanHedonic Shopping yang tercipta dengan adanya gairah berbelanja seseorang yang mudah
terpengaruh model terbaru dan berbelanja menjadi gaya hidup seseorang untuk memenuhi kebutuhan
sehari- hari. Impulse buying atau pembelian tidak terencana ini merupakan fenomena yang harus
diciptakan untuk bisa dijadikan peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualannya. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh shopping Lifestyle dan hedonic shopping terhadap
pembelian tak terencana (impulse buying) pada mahasiswa FEB UM Metro yang berbelanja dipasar
online media sosial instagram. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah
sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shopping
lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, hedonic shopping berpengaruh
positif dan signifikan terhadap impulse buying, shopping lifestyle dan hedonic shopping secara
bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada mahasiswa FEB UM
Metro yang berbelanja online di media social Instagram.

References

Kosyu, D. A. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives terhadap Shopping Lifestyle dan
Impulse Buying (Survey pada Pelanggan Outlet Stardivarius di Galaxy Mall Surabaya),
14(2), 1-7.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
www.antaranews.com/berita/642774/pengguna-instagram-di-indonesiadiunduhpada12
Desember 2019 padapukul 10.15 WIB
www.indiekraf.comdiunduhpada 12 Desember 2019 pukul 20.00 WIB
www.newmediadanmarketing.comdiunduhpada 15 November 2019 pukul 20.12 WIB
Published
2020-12-29
Section
Articles