Pengaruh Service Quality, Product Attribute, Brand Image Dan Product Quality Terhadap Customer Trust Pengguna Bri Link (Studi Pada Nasabah Bri Link Na’am Global Grup Cabang Punggur Kabupaten Lampung Tengah)

  • Nanda Aprilia Universitas Muhammadiyah Metro
  • Muhammad Demsi Dupri Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Service Quality, Product Attribute, Brand Image and Product Quality Customer Trus

Abstract

Abstract

            The world of banking is a business in which activities are based on trust. This makes people have to really select and choose the right bank to invest the money they have. The success of a bank in influencing prospective customers in making decisions to use the products or services provided by the bank is greatly influenced by efforts to grow their trust. Customer trust in a bank is an invaluable asset for the bank, because trust is seen as the basis for the relationship between the bank and the customer. The purpose of this study was to determine whether service quality, product attribute, brand image and product quality simultaneously influence the customer trust of Bri Link users. In this study using primary data and secondary data, the research method used is accidental sampling, which is a sampling technique by chance, namely respondents who accidentally meet the researcher and can be used as samples if the person is suitable as the data source, with a total sample of 100 people. . The data analysis technique used is validity test, reliability test, normality test, linearity test and homogeneity test. Testing the analysis model in this study using multiple linear regression analysis, T test, F test and R determination. Based on the results of research using the T test, it was found that service quality has a positive effect on customer trust for Brilink users, product attribute has no effect on customer trust for Brilink users, brand image has no effect on customer trust for Brilink users, and product quality has a positive effect on customer trust for Brilink users. From the F test, Service quality, product attribute, brand image and product quality together have a positive effect on the customer trust of Brilink users.

 

Keywords- Service Quality, Product Attribute, Brand Image and Product Quality Customer Trust

 

Abstrak

Dunia perbankan merupakan suatu bisnis dimana dalam melakukan kegiatannya berdasarkan kepercayaan. Hal tersebut membuat masyarakat harus benar-benar menyeleksi dan memilih bank yang tepat untuk menginvestasikan uang yang dimilikinya. Keberhasilan suatu bank dalam mempengaruhi calon nasabah dalam mengambil keputusan untuk menggunakan produk ataupun layanan yang disediakan oleh bank sangat dipengaruhi oleh upaya menumbuhkan kepercayaan mereka. Kepercayaan nasabah terhadap suatu bank merupakan suatu asset yang tidak ternilai bagi bank tersebut, sebab kepercayaan dipandang sebagai dasar dalam hubungan antara bank dengan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah service quality, product attribute, brand image dan product quality berpengaruh secara bersama-sama terhadap customer trust pengguna bri link. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, metode penelitian yang digunakan adalah accidental sampling merupakan teknik penentuan sampel secara kebetulan, yaitu responden yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan dapat dijadikan sampel apabila orang tersebut cocok sebagai sumber data, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas. Pengujian model analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji T, uji F dan R determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji T diperoleh bahwa service quality berpengaruh dan signifikan terhadap customer trust pengguna Brilink, product attribute tidak berpengaruh dan signifikan terhadap customer trust pengguna Brilink, brand image tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap customer trust pengguna Brilink, dan product quality berpengaruh dan signifikan terhadap customer trust pengguna Brilink. Dari uji F Service quality, product attribute, brand image dan product quality secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap customer trust pengguna Brilink.

Published
2021-09-08
Section
Articles