ANALISIS KESALAHAN SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN KRITERIA WATSON
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal Artimatika Sosial yang ditinjau dari perbedaan gender berdasarkan kriteria Watson. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunkan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan pemberian soal tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 orang peserta didik dari Kelas VII SMP Negeri 1 Rumbia yang terdiri atas 3 orang peserta didik laki-laki dan 3 orang peserta didik perempuan dan pemilihan subjek atau sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Materi yang digunakan adalah materi Aritmatika Sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian 3 soal tes uraian dan kegiatan wawancara untuk memperkuat analisa yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisa data yang digunakan peneliti yaitu menganalisis kesalahan menurut kategori Watson, yaitu menganalisis jawaban tes tertulis yang sudah diberikan kepada siswa kemudian membagi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik kedalam 8 tipe kesalahan.
Kata kunci: analisis kesalahan; aritmatika sosial; kriteria watson.
ABSTRACT
This study aims to find out the errors of students in solving Social Artimatics questions in terms of gender differences based on Watson's criteria. This research method is a type of qualitative research using a descriptive approach. Data collection in this study was carried out by giving test questions and interviews. The subjects of this study were 6 students from Class VII SMP Negeri 1 Rumbia which consisted of 3 male students and 3 female students and the selection of subjects or samples was carried out by purposive sampling technique. The material used is Social Arithmetic material. The data collection technique was carried out by giving 3 essay test questions and interview activities to strengthen the analysis carried out by the researcher. The data analysis technique used by the researcher is to analyze errors according to the Watson category, which is to analyze the written test answers that have been given to students and then divide the errors made by students into 8 types of errors.
Keywords: error anallysis; aritmatica social; kriteria of watson.
References
Aini, Nur. P., Hariyani, S., & Suwanti, V. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Menurut Teori Honey Mumfor. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 6(2): 44-57
Aminah & Kurniawati, A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118-125.
Ariyantini, M. D. (2017). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Staphylococcus Aureus Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. Skripsi.
Dauyah, et. al. Universitas Abulyatama, and Aceh Besar. (2018). Jurnal Serambi Ilmu, Volume 19, Nomor 2, Edisi September 2018. Serambi Ilmu, 19 (2), 274–90.
Deswita, H. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pembagian Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edu Research, 4(2), 115–20.
Dewi, M. A. K, et al. (2019). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Gender. (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional, 7(1), 89–99.
Fitrianti & Habibullah. (2012). Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan; Studi Pada Perempuan Di Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Sosiokonsepsia, 17(1), 1–100.
Kurniawan, E, Y Jamiah, & Sayu, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pada Materi Bilangan Pecahan Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10.
Meilanawati, Putri & Pujiastuti H. (2020). Teori Bilangan Menurut Tahap Kastolan Ditinjau. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Meulaboh, 7(2), 182–90.
Nuroniah, Miskatun, & Wijayanti, K. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Dengan Taksonomi Solo. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2), 33-42.
Authors who publish with EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika agree to the following terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. EMTEKA offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in EMTEKA in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of AKSIOMA are required to cite the original source, including the author's names, EMTEKA as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available)