ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA

  • Ira Vahlia Universitas Muhammadiyah Metro
  • Neli Ramadhani Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nia Lorenza Universitas Muhammadiyah Metro
  • Ninda Ahmad Febrilia Universitas muhammadiyah metro
Keywords: analisis, pemecahan masalah, Statistika

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi statistika siswa kelas VIII SMPN 1 Bandar Mataram Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal statistika. Penelitian ini  dilakukan oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Bandar Mataram Lampung Tengah, Data diperoleh dari hasil tes tertulis materi statistik dan hasil wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah berjumlah 9 siswa yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil kemampuan pemecahan masalah menyelesaikan soal statistika, siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi dan sedang; (a) Siswa mampu memahami masalah dengan menuliskan informasi yang diketauhi di dalam soal, hanya saja siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang siswa tidak menuliskan informasi yang diketahui di dalam soal, (b) Pada tahap merencakan siswa mampu mencari hal hal yang perlu dicari untuk melakukan penyelesaian masalah, (c) Siswa mampu melaksanakan rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah; (a) Siswa kurang memahami masalah atau informasi yang diketahui di dalam soal, (b) Pada tahap perencanaan siswa mampu menebak konsep atau rumus yang diperlukan akan tetapi pada pelaksanaan siswa tidak melakukan sesuai rencana.

Kata kunci: Analisis; pemecahan masalah; Statistika

 

ABSTRACT

This study aims to analyze the students' ability to solve math problems in the statistical material of class VIII SMPN 1 Bandar Mataram, Central Lampung. This type of research is descriptive qualitative. This study seeks to describe problem solving skills in solving statistical problems. This research was conducted by eighth grade students of SMPN 1 Bandar Mataram, Central Lampung. The data were obtained from the results of written tests of statistical materials and interviews. The subjects in this study were 9 students who were randomly selected. Based on the results of problem solving ability to solve statistical problems, students who have high and moderate problem solving abilities; (a) Students are able to understand the problem by writing down the information that is known in the problem, only students who have problem solving abilities are students who do not write down the information that is known in the problem, (b) At the planning stage students are able to find things that need to be looked for do problem solving, (c) Students are able to carry out the plan of completion according to what has been planned. Students who have low problem solving skills; (a) Students do not understand the problem or information that is known in the problem, (b) At the planning stage students are able to guess the concept or formula needed but in the implementation students do not do as planned.

Keywords: Analysis; problem solving ; Statistics

References

Agustina, R. & Vahlia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Aksioma, 5(2), 152-158.

Amelia, M. S. (2020). Analisis Persepsi Kesalahan Siswa SMP Pada Soal Materi Statistika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 475-484.

Dewi, A. C. (2021). Analisis Kemampuan Pemeecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung Tahun 2020. Jurnal Pendidikan, 16(9), 29-44.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 4(2), 42-52.

Farida, N., Jati, D.P., Setiawan, D.Y., Ningrum., A.P.S., & Afifa, A.D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Belajar Auditorial Dalam Menyelesaikan Masalah Baris Dan Deret. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 161-167.

Fatimah, C. T. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XII Materi Statistika Pada Soal UN. Jurnal Pendidikan, 3(2), 184-189.

Febrianti, V. C. (2020). Analisis Kesulitan Pada Materi Statistika Kelas VIII Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 559-566.

Komariya, Farida, N. & Vahlia, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran FSLC Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Aksioma, 7(1), 96-102.

Mariam, S. R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah Pada Materi Pola Bilangan. Journal On Education, 1(2), 156-162.

Nuraeni, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(3), 159-171.

Putri, S. H. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1548-1561.

Setiani, L. I. N., Vahlia, I. Farida, N. & Suryadinata, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Berdasarkan Teori Newman Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 89-99.

Suryani, M. J. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan, 9(1), 119-130.

Utami, R. W. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175.

Vahlia, I., Setiawati, N.N., Rahmatunnisa, N., Susanti, R. (2021), Analisis Kesalahan SIswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial Berdasarkan Kriteria Watson. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 148-160.

Vendiagrys, L. J. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Prooblem Based Learning. Unnes Journal Of Mathematics Education Research, 1(2), 34-41.

Published
2022-03-09
Section
Articles